Jurnalis Profesi Terbuka untuk Siapa Saja

Jum'at, 17 April 2015 - 09:08 WIB
Jurnalis Profesi Terbuka untuk Siapa Saja
Jurnalis Profesi Terbuka untuk Siapa Saja
A A A
BANDUNG - Seperti sebelumnya, ratusan mahasiswa selalu antusias mengikuti SINDO Goes To Campus yang menghadirkan pembicara-pembicara andal di bidangnya.

Kemarin ratusan mahasiswa Universitas Pasundan (Unpas) di Jalan Lengkong, Bandung, Jawa Barat, beramairamai mengikuti talkshow dan workshop yang dikemas dalam suasana serius, tapi santai itu. Unpas menjadi kampus penutup rangkaian roadshow di Kota Bandung setelah sehari sebelumnya SINDO Goes To Campus menyambangi Telkom University (Tel-U) pada Rabu (15/4) dan beberapa waktu lalu Universitas Islam Bandung (Unisba).

Manajer Produksi iNews TV Khoiri Akhmadi, salah satu pembicara pada talkshow tersebut, mengungkapkan, dunia jurnalis tidak melulu memiliki latar belakang ilmu komunikasi. Jurnalis merupakan profesi yang terbuka dan bisa digeluti siapa saja. ”Seorang jurnalis juga harus jujur dalam pemberitaannya karena profesi jurnalis memiliki pengaruh kuat terhadap lingkungan sekitar,” ungkapnya.

Hal serupa diungkapkan Wakil Pemimpin Redaksi KORAN SINDO Djaka Susila. Pada awal kariernya sebagai jurnalis, dia mengaku lebih banyak mendapat tantangan berat. ”Apalagi saat itu sebagai seorang sarjana, tidak pernah terpikirkan oleh saya untuk menjadi seorang jurnalis dengan berbagai kesusahan waktu, tenaga, dan pikiran. Dengan tantangan seberat itu, apakah saya kapok jadi wartawan? Tidak,” ucap Djaka.

Baginya, menjadi jurnalis bukan hanya persoalan ilmu jurnalistik, tapi juga kemampuan membaca kondisi dan mengelola sisi humanis yang kerap menjadi dilema. Menanggapi kegiatan SINDO Goes To Campus , Wakil Rektor III Unpas Dede Ramdan mengatakan, pihaknya sangat mendukung acara serupa dan berharap program ini berkelanjutan.

Ilmu komunikasi khususnya di bidang jurnalistik sangat membutuhkan media seperti ini sebagai target praktik lapangan mahasiswa.

Anne rufaidah
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8410 seconds (0.1#10.140)