FSL, Wadah Berkembang Futsal Indonesia

Jum'at, 17 April 2015 - 08:41 WIB
FSL, Wadah Berkembang Futsal Indonesia
FSL, Wadah Berkembang Futsal Indonesia
A A A
BANDUNG - Indonesia memiliki potensi untuk bersinar di pentas futsal dunia. Demi mencapai hal itu, dibutuhkan banyak kompetisi untuk mengasah kemampuan para pemain.

Ketua Umum Asosiasi Futsal Indonesia (AFI) Hary Tanoesoedibjo (HT) mem punyai harapan besar Indonesia bisa tampil di Piala Dunia Futsal. Harapan tersebut di sam paikan HT seusai mem buka kompetisi Futsal Super League (FSL) 2015 di GOR Arena Cikutra, Bandung, Jawa Barat, kemarin. Ini bukan mimpi. Pasalnya, Indo nesia memiliki bibit mumpuni.

Sayangnya, selama ini para pemain berbakat tersebut belum terasah dengan baik. Karena nya, lewat FSL 2015, HT ber harap futsal lebih bisa berkembang dan meningkat pres - tasi nya sampai ke level internasional. Salah satu cara untuk mendapat kan pemain berkaliber adalah kompetisi. Nah, lewat FSL ini, HT berharap semua harapan Indonesia bisa men - dapat kan pemain andal.

”Tujuan nya supaya futsal di Indo nesia ini prestasinya maju. Bahkan targetnya bisa masuk Piala Dunia. Untuk itu, kita juga berencana mendatangkan pelatih asing supaya futsal kita bisa lebih baik,” ujar HT. CEO MNC Group tersebut menambahkan, perkembangan olahraga futsal di Indonesia cukup pesat hingga merambah semua kalangan. Lantas dengan adanya kompetisi yang berkesinambungan akan tumbuh klub yang bersaing di pentas nasional. Menurut HT, selama ini yang menjadi kendala untuk meningkatkan prestasi futsal adalah pendanaan.

”Indonesia memiliki potensi, harus bisa dimaksimalkan, pasti bisa,” imbuhnya. FSL merupakan kompetisi futsal berskala besar pertama yang diadakan di Tanah Air. Ajang ini diramaikan oleh de la - pan putra dan delapan tim putri. ”Tentunya kompetisi ini akan memberikan dorongan bagi klub-klub di Indonesia untuk meningkatkan prestasinya,” papar HT.

Dia menuturkan selain kompetisi tersebut, timnas futsal akan melakukan pertandingan melawan tim-tim inter nasional. Ini agar mental dan ke kompakan tim bisa terbangun dengan baik menghadapi kompetisi internasional. Terdekat adalah kompetisi AFF Futsal Championship 2015. Pada pertandingan yang disiarkan langsung MNCTV, Libido Bandung menggilas SWAP Jakarta 10-2. Ini adalah ke menangan pertama Libido setelah di pertandingan per ta - ma ditahan 4-4 Pingdus Surabaya.

Tampil di depan publik sendiri, Libido menunjukkan superioritasnya sejak menit awal babak pertama. Terbukti, kapten tim Libido, Andriyana, sudah mampu membobol gawang SWAP di menit kelima lewat tendangan bebasnya. Babak pertama berakhir de ngan keunggulan 5-0 bagi Libido. Selepas jeda, SWAP sem pat mencuri gol lewat Zulham Fajri. Sayangnya, hanya dua detik berselang Libido semakin jauh unggul setelah Salim Hanif men catatkan namanya di papan skor.

Memimpin 6-1 tidak membuat Libido me ngendurkan serangan. Hasilnya, Reza Akbaar membuat dua gol sekaligus hanya dalam kurun waktu tiga menit. SWAP semakin tidak berdaya ketika Jeni Firmansyah sukses memanfaat kan umpan Fhandy. Gol ini menambah selisih keunggulan Libido menjadi 8 gol alias 9-1. Jelang pertandingan berakhir, Libido menambah keunggulan menjadi 10-1 lewat Julinur Hafid. Pada menit ke- 39, SWAP mencetak gol hiburan lewat aksi Gilang Romadoni. Pelatih Libido FC Arif Kurnia wan puas dengan hasil fantas tis ini. Menurut nya, pada laga kedua, Libido sudah bisa beradaptasi.

”Di pertandingan pertama melawan tim dari Surabaya hasilnya seri karena anak-anak belum bisa adaptasi. Tapi akhir nya di pertandingan kedua bisa menguasai pertandingan,” kata Arif .

Panji qadhafi
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6130 seconds (0.1#10.140)