Lagi, Puluhan Imigran Tewas Tenggelam

Jum'at, 17 April 2015 - 08:40 WIB
Lagi, Puluhan Imigran Tewas Tenggelam
Lagi, Puluhan Imigran Tewas Tenggelam
A A A
ROMA - Sedikitnya 41 imigran meninggal dunia setelah kapal yang mereka tumpangi tenggelam di Laut Mediterania kemarin. Angkatan Laut Italia ber hasil menyelamatkan 4 orang yang ter ombang-ambing di tengah laut.

Para korban selamat yang ter diri atas 2 warga Nigeria, 1 warga Niger, dan 1 warga Ghana itu mengungkapkan kapal mulai tenggelam tak lama setelah meninggalkan Libya. Menteri Luar Negeri Italia Paolo Gentiloni mengatakan telah meminta bantuan Uni Eropa untuk meningkatkan imigran yang mencari suaka. Namun, seperti dilansir BBC , Gentiloni mengungkapkan Uni Eropa belum memberikan respons terhadap permintaan tersebut.

Petaka ini hanya berselang beberapa hari setelah sekitar 400 imigran tewas akibat kapal yang mereka tumpangi tenggelam di perairan Libya. Kapal yang mengangkut para imigran dan hendak menuju Italia untuk mencari suaka itu tenggelam pada Minggu (12/4). Beberapa imigran yang berhasil selamat dan diangkut ke Italia mencerita kan kapal itu mengangkut lebih dari 400 orang.

Pasukan penjaga pantai Italia berhasil menghalau 42 kapal yang mengangkut 6.500 imigran pada Minggu dan Senin lalu (13/4). Mereka juga berhasil menyelamatkan 145 imigran yang kapalnya tenggelam dan menemukan 9 jenazah. Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) dan lembaga amal Save the Children mengungkapkan 144 hingga 150 imigran yang selamat tiba di Pelabuhan Reggio Calabria, Italia selatan, pada Selasa pagi (14/4) waktu setempat. Namun mereka tidak yakin bahwa semua imigran itu berasal dari satu kapal yang tenggelam.

Tragedi itu terjadi setelah otoritas Italia mengungkapkan sekitar 8.500 imigran berhasil di selamatkan di laut pada Jumat (10/4) hingga Senin (13/4). Cuaca yang cukup bagus di Mediterania menjadi alasan kenapa terjadi peningkatan arus imigran gelap menuju Italia. Selain itu, meningkatnya kekerasan dan memburuknya keamanan di Libya menjadi faktor utama peningkatan jum lah imigran. Mereka ingin men dapatkan kehidupan yang lebih baik dengan pergi ke Eropa.

Otoritas keamanan Italia mengungkapkan lebih dari 15.000 imigran tiba di wilayah mereka sepanjang 2015. Pada tahun lalu, 15.000 imigran datang ke Italia pada April tahun lalu. Sebanyak 25.000 imigran setiap bulannya mencari suaka pada Juni dan September. Kementerian Dalam Negeri Italia memerintahkan pemerintah regional untuk mendirikan perumahan darurat untuk menam pung 6.500 imigran.

Lang kah itu ditentang oleh oposisi yang menganggap kebijak an itu justru akan mendorong laju imigran ke Italia. Matteo Salvini, Kepala Anti- imigran Liga Utara, me nya rankan penduduk lokal tidak bekerja sama dengan para imigran. ”Saya meminta gubernur, wali kota, dan dewan kota mengatakan tidak untuk segala bentuk imigran,” kata Salvini.

hanna/andika/arvin
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4816 seconds (0.1#10.140)