TNI Kerahkan Seluruh Alutsista Amankan Konferensi Asia Afrika

Kamis, 16 April 2015 - 08:22 WIB
TNI Kerahkan Seluruh Alutsista Amankan Konferensi Asia Afrika
TNI Kerahkan Seluruh Alutsista Amankan Konferensi Asia Afrika
A A A
JAKARTA - TNI akan mengerahkan seluruh kekuatan alat utama sistem persenjataan (alutsista) untuk mengamankan pelaksanaan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 yang berlangsung di Jakarta dan Bandung sejak 19-24 April 2014.

Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko mengatakan, untuk mengamankan presiden dan kepala negara, TNI mengerahkan sejumlah pesawat tempur dan kapal perang. Karena itu, pihaknya meminta maaf kepada masyarakat bila terjadi sedikit gangguan. ”Titik fokus di Jakarta dan Bandung,” tandas Moeldoko saat menggelar apel kesiapan Satuan Tugas Pengamanan (Satgaspam) VVIP KAA di Silang Monas, Jakarta, kemarin.

Sejauh ini, TNI dan Polri telah menyiapkan sejumlah kekuatan untuk mengamankan jalannya kegiatan tersebut. Adapun jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan di dua tempat yang menjadi lokasi penyelenggaraan KAA,yakni, Jakarta dan Bandung. ”Semuanya telah terorganisasi dengan baik, sudah tersiapkan dengan baik, dilatih sebelumnya, digeladikan sebelumnya dengan detail, semua perlengkapan termasuk dilengkapi persenjataan sesuai kebutuhan di lapangan,” paparnya.

Mantan pangdam Siliwangi ini mengaku, TNI juga menyiagakan sniper (penembak jitu) di beberapa titik strategis dan pasukan cadangan yang setiap saat bisa digerakkan dengan kekuatan cukup memadai. Termasuk kendaraan tempur dan taktis guna memberikan rasa aman dan nyaman mengingat pengamanan kepala negara dan pemerintah memiliki standar baku yang tidak boleh dikurangi sedikit pun.

Mantan KSAD ini menyatakan keamanan menjadi prioritas. Karena itu, Paspampres sudah berkoordinasi dengan pengawal keamanan presiden maupun kepala pemerintahan. ”Kita sudah memiliki standar bagaimana mengomunikasikan pengamanan internal kepala negara dengan Paspampres kita, ada standar. Contohnya bagaimana kalau nanti kepala negara membawa pesawat pribadi. Kedua kalau ada yang bawa senjata dan seterusnya,” kata Panglima.

Guna mendukung kegiatan tersebut, kata Panglima, TNI juga menyiapkan transportasi bagi peserta konferensi baik melalui darat maupun udara. Bila kondisi cuaca baik, transportasi yang digunakan melalui udara. Bila sebaliknya maka transportasi darat disiapkan. ”Semua sudah disiapkan dengan baik, mulai pengawalan, pengamanan rute dan sebagainya,” katanya.

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Agus Supriatna mengaku telah menyiapkan pesawat tempur F-16 dan Sukhoi untuk mengamankan wilayah udara selama acara KAA berlangsung. ”Ada satu flight F-16 di Halim, kemudian di Madiun disiapkan 1 flight, jadi semuanya sudah beroperasi. Hanya, sayang karena pesawat jadi tidak kelihatan, setiap hari terbang. Ring Jakarta- Bandung oleh pesawat F-16. Kalau Sukhoi di ring luar,” ucapnya.

Menurut KSAU, pesawat tempur tersebut telah beroperasi sejak sebulan lalu. Sayangnya, KSAU enggan menyebutkan berapa jumlah pesawat yang dikerahkan untuk mengamankan kegiatan KAA. ”Untuk jumlah (pesawat) rahasia. Insya Allah, aman,” katanya.

Sucipto
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5650 seconds (0.1#10.140)