Pansel KPK Segera Dibentuk

Selasa, 07 April 2015 - 11:01 WIB
Pansel KPK Segera Dibentuk
Pansel KPK Segera Dibentuk
A A A
JAKARTA - Pemerintah segera membentuk panitia seleksi (pansel) pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menggantikan lima komisioner yang masa jabatannya akan habis pada akhir tahun ini.

”Kita akan segera membentuk pansel KPK. Dalam waktu dekat, kita usahakan begitu (terbentuk),” kata Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di Gedung DPR, Jakarta, kemarin. Pratikno mengungkapkan, persiapan terkait pembentukan pansel memang sudah pernah dibahas, tetapi sejauh ini belum ada nama-nama yang diproyeksikan masuk dalam pansel.

Sebelumnya, Sekretaris Kabinet (Seskab) Andi Widjajanto mengaku sudah ada arahan dari Presiden Jokowi untuk segera membentuk pansel. Pemerintah saat ini tengah berkoordinasi antara lain dengan menteri hukum dan HAM, mensesneg, dan menko polhukam, untuk menyampaikan kajiannya kepada Presiden. Menkumham Yasonna H Laoly mengungkapkan, pansel pimpinan KPK akan dibentuk pada bulan April ini. ”Sudah kami siapkan, rencananya bulan empat ini,” ungkapnya.

Seperti diketahui, dari lima pimpinan KPK periode kali ini, satu di antaranya sudah habis masa jabatannya sejak Desember 2014 lalu, yakni Busyro Muqoddas. Namun, untuk pengganti Busyro, Komisi III DPR menunda pemilihannya dengan alasan akan dilakukan secara bersamaan dengan empat komisioner lain yang habis masa jabatannya pada Desember 2015 ini.

Rahmat sahid
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7043 seconds (0.1#10.140)