Presiden Ceko Tutup Pintu Kastil Praha untuk Dubes AS

Selasa, 07 April 2015 - 10:54 WIB
Presiden Ceko Tutup Pintu Kastil Praha untuk Dubes AS
Presiden Ceko Tutup Pintu Kastil Praha untuk Dubes AS
A A A
PRAHA - Presiden Republik Ceko Milos Zeman menyatakan akan menutup pintu Kastil Praha bagi Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk Republik Ceko Andrew Schapiro yang mengkritik keputusan Zeman untuk menghadiri peringatan Perang Dunia II di Moskow.

Padahal para pemimpin negara-negara anggota Uni Eropa memboikot peringatan yang akan digelar pada Mei mendatang karena peran Rusia dalam konflik Ukraina. ”Saya tidak bisa membayangkan seandainya Dubes Ceko di Washington menasihati Presiden AS dalam agenda perjalanan dinasnya,” ungkap Zeman kesal seperti dikutip Reuters. ”Dan saya tidak akan pernah membiarkan setiap dubes berkomentar mengenai perjalanan dinas saya. Pintu kastil tertutup untuk Dubes (Andrew) Schapiro,” tegasnya.

Kastil kebanggaan rakyat Ceko ini termasuk kastil terbesar di dunia. Kastil Praha juga berfungsi sebagai kantor dan kediaman Presiden Ceko. Kastil tersebut sempat ditempati para raja Ceko dan kaisar suci Romawi serta tempat penyimpanan mahkota Kerajaan Bohemia.

Milos Zeman yang pernah menjabat sebagai perdana menteri (PM) Ceko pada 1998- 2002 ini sering berbeda pandangan dari Uni Eropa, termasuk mengkritik sanksi Uni Eropa terhadap Moskow karena terlibat dalam perang Ukraina.

Zeman yang berkuasa sejak 2013 merupakan presiden pertama yang dipilih secara langsung. Dia dikenal dengan pernyataannya yang terus terang soal kebijakan dalam dan luar negeri.

Ananda nararya
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6573 seconds (0.1#10.140)