Pemblokiran Hidayatullah.com Dinilai Berdampak Luas

Minggu, 05 April 2015 - 19:05 WIB
Pemblokiran Hidayatullah.com...
Pemblokiran Hidayatullah.com Dinilai Berdampak Luas
A A A
JAKARTA - Pemimpin Redaksi (Pemred) Hidayatullah.com, Mahladi mengatakan, pemblokiran yang dilakukan terhadap situsnya oleh Kemenkominfo sangat berdampak luas.

Pasalnya, Hidayatullah.com memiliki ratusan pesantren di seluruh Indonesia. Sehingga kata dia, masyarakat jadi menganggap Hidayatullah.com itu teroris.

"Kami punya ratusan pesantren di Indonesia. Dengan diblokirnya situs kami ini, orang-orang menganggapnya kami adalah teroris," ujar Mahladi di Kantor AJI, Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (5/4/2015).

Menurutnya, pemerintah harus hati-hati dalam memblokir situs Islam, hal itu lantaran masyarakat bisa saling curiga dengan organisasi, institusi yang mengkaji soal Islam.

"Ini dampaknya luas sekali. Jika kami tidak terbukti memposting konten yang radikal, mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada kami lagi itu sulit. Jangan sampai masyarakat menjadi saling curiga, ini bahaya sekali," jelasnya.

Diapun mengungkapnya, pihaknya telah meminta penjelasan terhadap Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) juga Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Namun ,‎pihak Kemenkominfo mengaku tidak berhak menjelaskan alasan pemblokiran. Yang berhak adalah BNPT. Kemenkominfo pun hanya berhak melakukan pemblokiran saja.

"Kami bertanya kepada pihak BNPT, tolong tunjukkan di mana salah kami. Kami katanya dituding mengajak orang berbaiat ISIS, perang di Suriah, mana buktinya," jelasnya.

Namun pihak BNPT, kata dia, malah tidak mengerti mengapa situs Hidayatullah.com diblokir. "‎Respons dari pihak BNPT yang menerima kami yaitu Pak Irfan, dia hanya menepuk jidatnya sambil bilang, baik, kami akan melakukan kajian lagi," tandasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6057 seconds (0.1#10.140)