Tokoh Dunia Hadiri Pemakaman Lee

Sabtu, 28 Maret 2015 - 10:38 WIB
Tokoh Dunia Hadiri Pemakaman Lee
Tokoh Dunia Hadiri Pemakaman Lee
A A A
SINGAPURA - Para pemimpin dan diplomat dari berbagai negara akan berkumpul di Singapura pada Minggu (29/3) besok untuk mengikuti pemakaman mendiang Perdana Menteri (PM) pertama Singapura Lee Kuan Yew.

Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) juga dipastikan hadir dalam ritual kremasi jasad Lee di Pusat Kebudayaan Universitas Nasional Singapura (NUS). ”Pada Minggu besok, Presiden Jokowi akan berangkat ke Singapura untuk menghadiri pemakaman kenegaraan Lee Kuan Yew,” kata Sekretaris Kabinet Andi Widjadjanto, dikutip Global Indonesian Voices.

Kemarin Jokowi masih berada di China. Selain Jokowi, pemimpin dunia lain yang dipastikan hadir antara lain Raja Malaysia Abdul Halim, Presiden Myanmar Thein Sein, PM Thailand Prayuth Chan-ocha, PM Kamboja Hun Sen, dan PM Vietnam Nguyen Tan Dung. Tidak hanya para pemimpin anggota ASEAN, Wakil Presiden China Li Yuanchao, PM Jepang Shinzo Abe, Presiden Korea Selatan (Korsel) Park Geun-Hye, PM Australia Tony Abbot, PM India Narendra Modi, danPresidenIsraelReuven Rivlin juga dijadwalkan ikut melepas kepergian bapak bangsa Singapura tersebut.

”Saya berangkat dengan membawa rasa hormat untuk rakyat Singapura setelah kematian pemimpin mereka Lee Kuan Yew,” ujar Rivlin, dikutip Algemeiner. ”Saya akan mewakili Israel dan rakyat kami, tidak hanya untuk mengungkapkan dukacita, tapi juga untuk mengapresiasi hasil kerja Lee sebagai pemimpin penting di Singapura,” sambungnya. Mantan PM Thailand Thaksin Shinawatra juga dilaporkan akan menghadiri prosesi pemakamanLee.

”Sepertinya, dia tidak akan bertemu Jenderal Prayut. Namun, jika mereka bertemu, Thaksin setidaknya diharapkan menyapanya dengan senyuman,” kataSurapongTovichakchaikul, mantan anggota parlemen dari Partai Pheu Thai. Mengingat pengaruh Lee yang mendunia, beberapa negara mengutus delegasi kepresidenan sebagai bentuk penghormatan. Sejauh ini negara yang sudah mengonfirmasi akan mengirimkan delegasi ialah Amerika Serikat (AS), Inggris Raya, dan Kanada.

Delegasi kepresidenan AS akan dipimpin mantan presiden Bill Clinton. Rencana keberangkatan mereka sudah dikonfirmasi Gedung Putih sejak Rabu (25/3) dan belum ada perubahan. Clinton akan didampingi Duta Besar (Dubes) AS untuk Singapura Kirk Wagar, mantan Menteri Luar Negeri (Menlu) Henry Kissinger, mantan Dubes AS untuk Singapura Steven Green, dan mantan asisten presiden untuk Urusan Keamanan Nasional Thomas Donilon.

Sementara Inggris Raya akan mengutus senior Kementerian Luar Negeri (Kemlu) William Hague. ”Pemimpin Majelis Rendah sekaligus senior Kemlu William Hague akan mewakili Inggris Raya dalam pemakaman kenegaraan Lee Kuan Yew pada Minggu (29/3),” bunyi pernyataan Komisi Tinggi Inggris Raya, kemarin, dilansir Today Online . Kemarin Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan penghormatan dan memanjatkan doa untuk Lee di Rumah Parlemen, Singapura.

Dalam agenda layatannya tersebut, SBY didampingi istrinya, Ani Yudhoyono, pengusaha Chairul Tanjung, dan mantan Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Dino Patti Djalal. ”Saya sangat berduka dengan kabar kematian Lee Kuan Yew,” ujar SBY. ”Lee mengabdikan seluruh hidupnya untuk menyisakan warisan yang berharga bagi rakyat Singapura. Dia juga bekerja keras untuk mengembangkan hubungan lintas wilayah dengan Indonesia. Lee merupakan teman sejati Indonesia,” sambungnya.

Mantan presiden Megawati Soekarnoputri juga mengakui memiliki hubungan dekat dengan Lee. ”Dia mentor saya,” ujar Megawati seusai melayat jenazah Lee di Rumah Parlemen, Singapura, kemarin. ”Secara personal, saya memiliki hubungan yang baik dengan Lee dan keluarganya,” tambahnya.

Muh shamil
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4995 seconds (0.1#10.140)