Jembatan Pasucen Pati Ambruk, Akses Terputus

Kamis, 19 Maret 2015 - 10:53 WIB
Jembatan Pasucen Pati Ambruk, Akses Terputus
Jembatan Pasucen Pati Ambruk, Akses Terputus
A A A
PATI - Baru 2,5 bulan rampung dibangun, Jembatan Pasucen di DesaPasucen, KecamatanTrangkil, KabupatenPati, JawaTengah, ambruk kemarin.

Ribuan warga pun harus memutar arah dan menempuh jarak sekitar 1 kilometer untuk bisa menyeberang. Tingkat kerusakan Jembatan Pasucen yang dibangun dengan dana Rp200 juta itu memang sangat parah. Jembatan dengan panjang 6 meter dan lebar 4 meter itu terbelah dua sebab titik yang rusak ada di bagian tengah. Praktis sepeda angin, sepeda motor, mobil, dan kendaraan lain tidak bisa melintas.

Akses yang terputus yakni permukiman warga di selatan dan utara yang tinggal di sekitar jembatan tersebut. Warga pun menggunakan bambu melintang agar jembatan tidak dilalui pengendara. Lantai jembatan dan sebagian fondasi bawah ambruk ke sungai sehingga mengganggu aliran air. ”Ini yang membuat warga heran. Baru akhir tahun rampung dibangun, tapi sekarang sudah ambrol,” kata warga sekitar, Hendro Winarno, kemarin.

Jembatan Pasucen ambrol saat hujan deras mengguyur wilayah tersebut. Ini diduga terjadi lantaran konstruksi fondasi jembatan dibangun asal-asalan. Untung saja, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. ”Padahal, biasanya jembatan dilintasi berbagai kendaraan, termasuk truk,” sebutnya.

Menurut Hendro, sebelum ambruk, memang terdapat retakan kecil pada jembatan. Namun, pemborong proyek hanya menambal dengan semen di bagian yang retak itu. ”Warga sudah mengingatkan, tetapi diabaikan. Retakan yang ditambal dengan semen itu, bahkan malah dicat dengan warna hitam agar tidak terlihat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pati Suharyono mengatakan kontraktor siap bertanggung jawab untuk melakukan perbaikan. ”Yang pasti, mereka mau bertanggung jawab. Tapi, saya lupa detail nama CV-nya,” dalih Suharyono.

Muhammad oliez
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4872 seconds (0.1#10.140)