Ribuan Pelari Siap Ramaikan Nusantara Run

Kamis, 19 Maret 2015 - 09:59 WIB
Ribuan Pelari Siap Ramaikan Nusantara Run
Ribuan Pelari Siap Ramaikan Nusantara Run
A A A
JAKARTA - Hingga empat hari jelang penyelenggaraan Nusantara Run, pendaftar untuk mengikuti event ini semakin tinggi.

Lomba lari yang lain dari biasanya, inilah yang membuat pencinta olahraga lari penasaran. Para peserta pada perlombaan ini diwajibkan menggunakan kostum yang lekat dengan budaya Tanah Air.

Nusantara Run digelar KORAN SINDO pada Minggu (22/3) mendatang. Hingga kemarin tercatat hampir 4.000 pelari siap meramaikan event yang bakal dihelat setiap tahun tersebut. Icha, solo runner, yang baru saja mendaftar kemarin mengakui ikut serta lantaran beberapa temannya, juga berpartisipasi pada Nusantara Run.

”Pas aku baca, kok unik ya. Lari pakai kostum tematik. Akhirnya ikutan,” ungkapnya. Wanita berusia 27 tahun ini sengaja memilih solo runner meski beberapa temannya juga turut dalam lomba ini. ”Bisa sih daftar secara kelompok, tapi kali ini aku dan teman-teman mendaftar di kategori solo runner,” imbuh Icha. Dia mengaku sangat antusias, terutama terkait kostum yang nanti bakal dikenakan.

Seperti diketahui, lomba yang mengambil venue di Plaza Tenggara Senayan, Jakarta ini terdapat dua kategori yang dapat diikuti masyarakat, yakni lari santai 5 kilometer dan lari tematik dengan menggunakan kostum daerah. Tema unik yang diusung menjadi magnet bagi para partisipan Nusantara Run. ”Aku ada beberapa ide. Sempat kepikir mau pakai legging motif batik, yang dipadukan dengan atasan motif batik juga. Atau, kaus yang motif alur NTT. Pokoknya kepengen yang heboh,” ujar Icha sembari tertawa.

Menurut jebolan salah satu universitas negeri di Jakarta ini, acara Nusantara Run sangatlah positif. Dengan ajang ini, lanjutnya, masyarakat semakin menyadari bahwa Indonesia adalah negara dengan kekayaan budaya yang sangat luar biasa. ”Sehingga kecintaan terhadap budaya Indonesia semakin meningkat. Dan, dengan ikut acara lari seperti ini, kita sekaligus melestarikannya,” ungkapnya. Komentar senada juga dilontarkan Sri Zachrie, yang mengikuti Nusantara Run bersama empat kawannya.

”Kami turut serta di kelompok 5 runner,” kata Sri. Dia berharap masyarakat turut serta dalam lomba ini lantaran bisa memupuk rasa kebersamaan. ”Kami selain ingin mengasah speed dalam berlari, juga agar semakin kompak,” imbuh Sri.

Soal target, Sri dan kawankawannya tidak muluk-muluk. ”Targetnya finis dan dapat finisher medal ,” tegasnya. Nusantara Run juga diikuti berbagai komunitas di antaranya Galaxy Running Club, Rush Runners, Bola Liga, Run for Indonesia, Indorunner Tebetian, Extraordinary Jakarta Runners, Tangerang Crazy Runners, KBK, Pencinta Seni, Karang Taruna Slipi, Mom and Baby Community, Kangaroo Parkour, dan PNJ Runners.

Jeremy Tobing perwakilan Rush Runner mengungkapkan motivasi komunitasnya mengikuti Nusantara Run adalah untuk mengukur kemampuan lari dengan para peserta lain. ”Sedangkan untuk kostum kami belum memikirkan akan memakai tema daerah apa. Kami akan membicarakan hal ini dengan komunitas saya terlebih dahulu,” tutur Jeremy kemarin. Nusantara Run bukan hanya lomba lari.

Sejumlah kegiatan bakal dihadirkan demi menghibur para partisipan. Salah satunya adalah Remaja Batik Indonesia misalnya. Pada acara ini, Remaja Batik Indonesia bakal melakukan demo membatik. Mereka juga mengajarkan bagaimana cara membatik kepada partisipan Nusantara Run.

Area Plaza Tenggara Senayan juga bakal diramaikan dengan panggung hiburan yang menghadirkan artis ternama, di antaranya Irma Darmawangsa, Duo Kopi Susu, Oza Kioza, Devy Berlian, Lynda Moy, Asbak Band, Lights On, dan MV Chopper. Selain itu, ada juga bazar kuliner Nusantarasertalombatarikreasi. Info lengkap ini bisa diklik di www.nusantararun.com . Acara ini bakal dihelat setiap tahun.

Dwi nur ratnaningsih
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6783 seconds (0.1#10.140)