10 Ilmuwan Dunia Terpopuler

Kamis, 19 Maret 2015 - 09:55 WIB
10 Ilmuwan Dunia Terpopuler
10 Ilmuwan Dunia Terpopuler
A A A
Kemajuan teknologi pada saat ini tidak lepas dari adanya penemuan-penemuan hebat yang terdahulu. Berikut adalah 10 penemu atau ilmuwan hebat dunia terpopuler versi jajak pendapat KORAN SINDO.

1. ALEXANDER GRAHAM BELL 24%
Siapa yang tak kenal dengan Alexander Graham Bell. Namanya tercatat sebagai penemu alat komunikasi, telepon. Pada 1874, Bell bersama sang asisten, Thomas Watson, merakit embrio telepon yang disebut dengan telegrap. Dua tahun kemudian, penemuannya tersebut dinyatakan sukses. Namun, pada Juni 2002, pemerintah Amerika Serikat menginformasikan bahwa penemu telepon ternyata bukanl Bell, melainkan Antonio Meuci.

2. THOMAS ALVA EDISON 17,5%
Thomas Alva Edison adalah pria kelahiran Ohio, Amerika Serikat. Ia terkenal karena sukses menciptakan lampu pijar. Edison juga termasuk ilmuwan yang produktif. Ia juga berhasil menciptakan proyektor sederhana untuk memutar film – film pendek. Selain itu, Edison juga aktif membantu pemerintah, khususnya dalam bidang militer. Ia aktif melakukan berbagai riset untuk kepentingan pemerintah, diantaranya pendeteksi pesawat terbang dan kapal selam musuh.

3. ALBERT EINSTEIN 16,5%
Einstein, si jenius ini lahir pada tanggal 14 Maret 1879 di Ulm, Jerman. Sebagai ilmuwan besar di abad ke 20, ia menemukan banyak temuan. Satu di antaranya yang paling tersohor adalah teori relativitas. Teori ini menjelaskan jika suatu benda yang bermassa M diberi kecepatan cahaya pangkat dua maka akan dapat menghasilkan energi yang begitu besar. Temuannya yang satu ini membuat namanya terkenal dan ia pun diganjar dengan beberapa penghargaan nobel.

4. GALLILEO GALLILEI 12%
Gallileo Gallilei, Lahir di Pisa, Italia, pada tanggal 15 Februari 1564. Ia adalah seorang astronom dan fisikawan. Ia dikatakan sebagai seorang astronom karena sumbangsihnya dalam bidang astronomi, yaitu penyempurnaan teleskop. Awalnya, alat yang berfungsi sebagai pelihat benda – benda angkasa ini dibuat oleh ilmuwan asal Belanda. Lalu ia menyempurnakanya dari 3 kali pembesaran menjadi 32 kali pembesaran. Berkat penyempurnaan inilah, ia menjadi orang pertama yang melihat bintik matahari.

5. ISAAC NEWTON 11,8%
Jika kita melempar sebuah apel ke atas langit, pastilah apel itu akan kembali jatuh ke bumi. Kira – kira itu adalah dasar teori gaya gravitasi yang ditemukan oleh Isaac Newton. Berawal dari rasa keingintahuannya mengapa apel di pekarangan rumahnya bisa jatuh dari pohon. Ia pun melanjutkannya dengan sebuah penelitian. Newton berfikir bahwa ada sebuah gaya yang membuatnya jatuh kembali ke bumi. Alhasil, pada tahun 1687 ia menggunakan kata gravitas atau gravitasi yang artinya adalah berat sebagai penamaan dari gaya tersebut.

6. JAMES WATT 7,8%
James Watt adalah seorang ilmuan asal Inggris yang menyempurnakan mesin uap. Awalnya ia hanya melihat bahwa mesin uap yang sebelumnya bekerja sangat tidak praktis dan inefisien. Lalu ia melakukan beberapa percobaan dan penelitian. Hasilnya, Watt mampu membuat mesin uap yang efisien dan praktis. Hal itupun mampu membuat kerja petani menjadi lebih cepat. James Watt bisa dikatakan sebagai salah satu perubah dunia, sebab tanpa ia sadari hasil temuannya tersebut telah mendorong terjadinya revolusi industri.

7. JULIUS ROBERT OPPENHEIMER 5%
J.R. Oppenheimer adalah seorang ilmuwan fisika asal Amerika Serikat. Ia terkenal dengan ciptaannya bom atom yang melululantahkan Hiroshima dan Nagasaki di Jepang pada saat perang dunia ke 2. Oppenheimer sempat menyesali pekerjaannya dan menyerukan agar energi atom digunakan untuk kepentingan positif. Ia pun merubah haluan hidupnya dengan melanjutkan karir sebagai pengajar di Princeton University.

8. WRIGHT BERSAUDARA 5%
Kedua kakak beradik ini yaitu Orville Wright dan Wilbur Wright merupakan kakak beradik paling bersejarah di dunia. Pasalnya, mereka adalah orang pertama yang berhasil membuat cikal bakal pesawat terbang untuk pertama kalinya. Berawal dari sebuah usaha perbaikan sepeda motor di Ohio, Amerika Serikat. Saat itulah mereka mempelajari banyak hal tentang mesin, khususnya mesin pesawat terbang. Alhasil, ia berhasil menciptakan 3 jenis pesawat terbang dan berhasil menerbangkannya setelah melakukan 1000 kali percobaan.

9. LOUIS PASTEUR 3%
Seorang berkebangsaan Prancis bernama Louis Pasteur tercatat sebagai orang yang cukup penting dalam ilmu kedokteran. Sebab, Pasteur merupakan seorang ilmuwan yang sukses menemukan cara untuk mencegah pembusukan pada makanan. Penemuannya ini sering disebut dengan pasteurisasi. Selain itu, ia juga memberikan sumbangsih pada ilmu kedokteran dengan membuat obat pencegah penyakit antraks atau vaksin antraks dan suntikan obat untuk melawan penyakit anjing gila atau rabies.

10. NIKOLAUS OTTO 3%
Nikolaus Otto adalah ilmuan yang bergerak dalam bidang otomotif. Pria yang lahir di Holzhausen an der Haide, Jerman, 14 Juni 1832 silam itu termasuk orang paling berjasa untuk kemajuan teknologi di era modern. Ia berhasil menciptakan mesin yang dapat menggerakan keseluruhan ban pada kendaraan, atau biasa disebut dengan mesin empat tak. Otto juga membuat sebuah mesin yang hemat bahan bakar yang digunakan pada mobil – mobil modern pada saat ini.

MENDUNIA BERKAT PENEMUAN

Penemuan-penemuan hebat ternyata bukan hanya monopoli ilmuwan mancanegara, Indonesia pun ternyata banyak memiliki ilmuwan-ilmuwan jempolan yang karya dan penemuannya mendunia. Berikut di antara ilmuwan itu:

BJ HABIBIE (Penemu Teori, Faktor dan Metode Habibie (Teknologi di bidang Pesawat Terbang)

Di bidang teknologi pesawat terbang, Habibie dikenal sebagai “Mr Crack” karena keahliannya menghitung crack propagation on random sampai ke atom-atom pesawat terbang. Di dunia ilmu pengetahuan dan teknologi, para ahli dirgantara mengenal apa yang disebut Teori Habibie, Faktor Habibie, Fungsi Habibie.

PROF. DR. MEZAK ARNOLD RATAG (Penemu Planetary Nebula Cluster)

Astronom lulusan ITB Bandung ini namanya telah diabadikan di 120 Planetary Nebula Cluster, termasuk Ratag-Ziljstra-Pottasch- Menzies dan Ratag-Pottasch cluster, yang telah ia temukan.

JOSAPHAT T.S SUMANTYO (Penemu Radar 3 Dimensi)

Dengan totalitas dan dedikasinya di bidang antena, sensor, dan radar, membuat Josh meraih berbagai penghargaan dari Chiba University, antara lain Nanohana Venture Competition Award, Nanohana Competition Award hingga Chiba University President Award.

DR. JOHNY SETIAWAN (Penemu Planet Baru HIP 13044b)

Dr. Johny Setiawan merupakan lulusan doktor termuda di Albert-Ludwigs Universitas, Greiburg, Jerman. Ia adalah satu-satunya ilmuwan non Jerman yang menjadi Ketua Tim Proyek Max Planck Institute for Astronomy, di Heidelberg, Baden-Wurttemberg, Jerman sejak tahun 2003. Ia telah banyak menemukan planet, mulai dari planet bernama HD 47536 b, HD 11977 b, HD 47536 c, HD 70573 b, HD 110014 b, hingga TW Hydrae b.

DR. WARSITO (Penemu Alat Pemindai (ECVT) 4 Dimensi)

Dr. Warsito adalah seorang penemu yang mengembangkan teknologi pemindai atau Electrical Capacitance Volume Tomography (ECVT) 4 Dimensi pertama di dunia. Ilmuwan muslim dari Indonesia ini juga sebagai pemilik paten ECVT yang didaftarkan di dokumen paten Amerika Serikat

DR. ENG. ENIYA LISTIANI DEWI (Penemu Membran Sel Bahan Bakar)

Dr. Eng. Eniya Listiani Dewi, seorang peneliti madya pada Pusat Teknologi Material, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Doctor of Engineering lulusan dari Waseda University Tokyo Jepang ini memilih bidang Kimia Terapan, dan mendalami studi tentang polimer dan katalis untuk fuel cell. Pada tahun 2003 ia mendapat penghargaan Mizuno Award, dan Koukenkai Award dari universitasnya berkat hasil temuannya berupa katalis fuel cell baru yang menggunakan unsur Vanadium.

PROF. DR. KHOIRUL ANWAR (Penemu sistem telekomunikasi 4G berbasis OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing)

Prof. Dr. Khoirul Anwar pemilik paten di Jepang atas sistem telekomunikasi 4G berbasis OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing) yang kini bekerja di Nara Institute of Science and Technology, Jepang. Dia mengurangi daya transmisi pada orthogonal frequency division multiplexing

DR. YOGI AHMAD ERLANGGA (Penemu rumus matematika berdasarkan persamaan Herlmholtz guna pencarian sumber minyak bumi)

Yogi Ahmad Erlangga seorang ilmuwan muda Indonesia meraih gelar doktor dari Universitas Teknologi Delft, Belanda pada usia yang terbilang muda, 31 tahun. Di negeri Kincir Angin itu, dia dinobatkan sebagai doktor matematika terapan. Dan matematika itulah yang melambungkan Yogi Erlangga ke perusahaan minyak raksasa dunia. Rumus matematika yang dikembangkannya membuat ribuan insinyur minyak bisa bekerja cepat. Akurasi tinggi.

Sumber: Diolah & Litbang Koran Sindo

Foto-Foto: Istimewa/Grafis: Bobby Firmansyah
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6404 seconds (0.1#10.140)