Antusiasme Komunitas dan Masyarakat Membludak

Rabu, 18 Maret 2015 - 08:49 WIB
Antusiasme Komunitas dan Masyarakat Membludak
Antusiasme Komunitas dan Masyarakat Membludak
A A A
JAKARTA - Antusiasme berbagai komunitas yang bakal turut dalam Nusantara Run pada Minggu (22/3) sangat luar biasa.

Hingga kemarin sudah ribuan orang terdaftar untuk mengikuti event yang digelar KORAN SINDO tersebut. Nusantara Run merupakan lomba lari yang lain dari biasanya. Para peserta pada event ini diwajibkan menggunakan kostum tematik dengan memakai pakaian adat.

Salah satu komunitas yang bakal turut meramaikan event ini adalah Rush Runner. Jeremy Tobing, perwakilan Rush Runner, mengungkapkan motivasi komunitasnya mengikuti Nusantara Run adalah untuk mengukur kemampuan lari dengan para peserta lain. “Sedangkan untuk kostum kami belum memikirkan akan memakai tema daerah apa. Kami akan membicarakan hal ini dengan komunitas saya terlebih dahulu,” tutur Jeremy kemarin.

Hal serupa dilontarkan Marta Ahmad dari komunitas Galaxy Running Club. “Kami ikut Nusantara Run untuk mengukur speed lari kami. Kebetulan juga di tanggal tersebut jadwal kami free,” ungkap Marta. Dia belum mengetahui apakah akan memakai kostum dari daerah mana. “Tapi yang pasti ada nuansa Indonesianya, batik mungkin,” imbuhnya.

Selain Galaxy Running Club, Rush Runners, dan Bola Liga, ada sejumlah komunitas lain yang turut mengikuti Nusantara Run. Di antaranya Run for Indonesia, Indorunner Tebetian, Extraordinary Jakarta Runners, Tangerang Crazy Runners, KBK, Pencinta Seni, Karang Taruna Slipi, Mom and Baby Community, Kangaroo Parkour, dan PNJ Runners.

Nusantara Run mengambil venue di Plaza Tenggara Senayan, Jakarta. Ada dua kategori yang dapat diikuti masyarakat, yakni lari santai 5 km dan lari tematik dengan menggunakan kostum daerah. Usia minimum untuk mengikuti lomba tersebut adalah 15 tahun.

Tema unik yang diusung terbukti menjadi magnet bagi para partisipan Nusantara Run. “Komunitas kami adalah komunitas bola sehingga relevan dengan acara lari ini. Untuk kostum kami berencana memakai ikat kepala dengan motif kain batik karena mencerminkan budaya Indonesia,” ungkap Cendy dari Komunitas Bola Liga.

Pergelaran Nusantara Run bukan hanya lomba lari. Sejumlah kegiatan bakal dihadirkan demi menghibur para partisipan. Salah satunya adalah Remaja Batik Indonesia. Pada event ini, Remaja Batik Indonesia bakal melakukan demo membatik. Mereka juga mengajarkan bagaimana cara membatik kepada partisipan Nusantara Run.

Area Plaza Tenggara Senayan juga bakal diramaikan dengan panggung hiburan yang menghadirkan artis ternama. Di antaranya Irma Darmawangsa, Duo Kopi Susu, Oza Kioza, Devy Berlian, Lynda Moy, Asbak Band, Lights On, dan MV Chopper.

Selain itu ada bazar kuliner Nusantara serta lomba tari kreasi. Info lengkap event ini bisa diklik di www.nusantararun.com. Event ini bakal dihelat setiap tahun.

Dwi nur ratnaningsih
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5229 seconds (0.1#10.140)