Sonia Gandhi Dukung Manmohan Singh

Jum'at, 13 Maret 2015 - 10:47 WIB
Sonia Gandhi Dukung Manmohan Singh
Sonia Gandhi Dukung Manmohan Singh
A A A
MUMBAI - Pemimpin oposisi Partai Kongres Sonia Gandhi memimpin pawai solidaritas untuk mantan Perdana Menteri (PM) Manmohan Singh yang diduga terlibat kasus korupsi batu bara pada 2005 silam.

Gandhi percaya Singh adalah pemimpin jujur. Kemarin Gandhi beserta ratusan pendukung Singh melakukan pawai dari markas Partai Kongres di Akbar Road ke rumah Singh di Motilal Nehru Marg, New Delhi. Aksi tersebut sebagai bentuk dukungan Gandhi terhadap Singh yang diduga tersangkut kasus korupsi tender lahan penambangan batu bara.

Gandhi meyakini kebenaran akan berpihak pada Singh. Gandhi menegaskan, pihaknya akan melawan ketidakadilan ini dengan jalan hukum. “Kami marah pada berita panggilan untuk Manmohan Singh. Dia adalah manusia yang sangat menjunjung integritas dan kejujuran. Kongres sepenuhnya ada di belakangnya dan kami yakin Singh ada di pihak yang benar,” terang Gandhi dilansir BBC.

Menurut Gandhi, tuduhan korupsi yang ditujukan kepada Singh terlalu berlebihan. Dalam pandangan Gandhi, Singh dengan integritasnya yang tanpa batas, tidak mungkin melakukan korupsi hingga merugikan negara. Seluruh dunia pun tahu bagaimana loyalitas Singh kepada India. “Tidak ada yang bisa mempertanyakan integritas Manmohan.

Dia adalah orang paling jujur yang pernah saya temui,” kata Gandhi. Selain melakukan pawai, anggota Partai Kongres juga melancarkan aksi unjuk rasa dengan berhenti di beberapa stasiun kereta di Uttar Pradesh. Di sana mereka memprotes pemanggilan Singh oleh pengadilan khusus di bawah Biro Investigasi Pusat India (CBI). Beberapa media lokal melaporkan, Kepala Partai Kongres Uttar Pradesh Rita Bahuguna juga menghentikan kereta Howrah-Amritsr Ekspres di Stasiun Kereta Api Lucknow Charbagh lebih dari satu jam.

“Seluruh dunia menyadari integritas pribadi dan kejujuran Dr Manmohan Singh. Kami menghormati sistem peradilan, namun kasus ini sudah salah langkah,” kata mantan Menteri Keuangan P Chidambaram. Melihat dukungan yang mengalir untuknya, Singh pun berterima kasih kepada Gandhi beserta Partai Kongres dan mengaku sangat terharu dengan pawai yang dilakukan Gandhi.

Kedatangan kongres partai, anggota panitia kerja, serta para pemimpin senior ke kediaman Singh, membuatnya lebih kuat menghadapi kasus ini. “Kami akan berjuang dalam kasus ini dan mengeluarkan semua kemampuan terbaik kami untuk membuktikan siapa yang benar,” ujar Singh.

Pada Rabu (11/3), CBI memanggil Singh bersama dengan miliarder Kumar Mangalam Birla dan lima pejabat pemerintah yang diduga terlibat kasus blok batu bara yang menyebabkan kerugian negara mencapai USD33 miliar (sekitar Rp435,9 triliun). Akhir tahun lalu, Mahkamah Agung memutuskan proyek tersebut ilegal. Sesuai hukum perundangundangan India, Singh diduga terlibat konspirasi kriminal dengan pedagang. Singh terancam hukuman maksimal seumur hidup.

Singh marah dengan pemanggilannya, namun mengatakan kesediaannya untuk menjalani pemeriksaan hukum. Dia pun yakin bisa mendapat kesempatan untuk mengajukan fakta yang bisa mematahkan semua tuduhan. “Saya sangat marah dengan adanya kasus ini, namun ini adalah bagian dari kehidupan. Saya tidak akan menghindari dari proses hukum dan akan mencoba mengajukan bukti yang memperlihatkan bahwa saya tidak bersalah,” papar Singh.

Rini agustina
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0545 seconds (0.1#10.140)