10 Lokasi Menyelam Favorit di Indonesia

Kamis, 12 Maret 2015 - 10:37 WIB
10 Lokasi Menyelam Favorit di Indonesia
10 Lokasi Menyelam Favorit di Indonesia
A A A
Indonesia merupakan negara maritim yang kaya akan daerah wisata laut. Tak heran jika banyak wisatawan tergoda untuk menikmati keindahan alam bawah laut milik Indonesia. Berikut 10 tempat favorit di Tanah Air yang menjadi destinasi banyak wisatawan untuk menyalurkan hobi menyelam.

Bunaken

Spot menyelam di Bunaken menjadi surga bagi para pecinta olahraga bawah laut. Tidak hanya penyelam lokal, melainkan juga penyelam dari mancanegara. Aneka ragam satwa laut, terumbu karang yang cantik, serta airnya yang masih jernih membuat pesona wisata bawah laut di perairan Sulawesi Utara ini menjadi nomor wahid di Indonesia.

Raja Ampat

Banyak orang menyebut Raja Ampat sebagai surga tersembunyi dari timur Indonesia. Keindahan tempat ini memang sudah menjadi perbincangan dimana-mana. Raja Ampat sendiri merupakan bagian dari provinsi Papua Barat. Ia memiliki 4 pulau besar yang menjadi spot terbaik bagi para penyelam, yaitu Pulau Wageo, Pulau Misol, Pulau Batanta dan Pulau Salawati. Di tempat ini juga terdapat sekitar 1.000 pulau kecil yang tidak kalah indahnya untuk dinikmati para pecinta olahraga selam.

Wakatobi

Wonderful! kira – kira begitulah kata para pelancong yang telah menyelam di Wakatobi. Keindahan bawah lautnya sudah tidak di ragukan lagi. Wakatobi yang merupakan singkatan dari Wangi – Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko memiliki 3.000 spesies ikan laut dan 600 jenis terumbu karang. Wajar saja jika Wakatobi kemudian masuk sebagai salah satu spot terbaik untuk menyelam.

Karimunjawa

Karimunjawa adalah salah satu tempat favorit menyelam di utara Pulau Jawa, tepatnya di dekat Jepara, Jawa Tengah. Karimun Jawa memiliki 353 spesies ikan serta 69 jenis terumbu karang. Spot terbaik di Karimunjawa ada di sekitar Pulau Gosong. Yang menarik, adrenalin pengunjung juga dapat terpicu karena di tempat ini pengunjung berkesempatan untuk berenang bersama dengan hiu- hiu di penangkaran Hiu, Pulau Menjangan.

Pulau Komodo

Taman Nasional Komodo menjadi salah satu tempat terbaik untuk menyelam. Taman Nasional Komodo merupakan Suaka Alam yang terletak di bagian timur Kepulauan Indonesia antara Pulau Sumbawa dan Pulau Flores. Taman Nasional ini terdiri dari tiga pulau besar yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar serta beberapa pulau - pulau kecil. Di wilayah taman nasional yang merupakan pelestarian terhadap komodo ini memiliki sekitar 1.000 jenis ikan. Terumbu karang yang berwarna warni menjadi salah satu daya tarik wisata bahari pulau Komodo.

Pulau Seribu

Kepulauan Seribu terkenal memiliki banyak pulau-pulau kecil tidak berpenghuni, tapi ada 6 pulau besar yang berpenghuni yang menjadi spot-spot untuk olahraga menyelam. Di sebelah utara ada 3 pulau, yaitu Kelapa, Harapan dan Pramuka. Di selatan juga ada 3, yaitu Untung Jawa, Pari dan Tidung. Dulu, banyak orang hanya mengenal pulau Tidung sebagai pusat destinasi menyelam. Namun sebenarnya ada beberapa yang menawarkan pemandangan bawah laut yang tidak kalah indahnya, misalnya seperti Pulau Semak Daun dan Pulau Pramuka.

Lombok

Lombok memang terkenal dengan keberadaan 3 pulaunya yang indah, yakni Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Di Gili Trawangan terdapat 2 spot penyelaman yang paling bagus, yakni Shark Point dimana kita bisa melihat hiu-hiu karang serta Coral Fan, tempat terumbu karang bewarna kuning dan hitam.

Selain itu ada Gili Meno. Bounty Wreck dan Meno Wall menjadi spot terbaik di Gili Meno. Di Bounty Wreck kita bisa melihat kapal yang karam dibawah laut. Tidak kalah dengan 2 gili lainya, Gili Air juga memiliki spot terbaik, diantaranya adalah Air Wall yang memiliki terumbu karang berwarna kuning oranye yang sangat indah dan Hans Reef, tempat berkumpulnya ikan-ikan kecil.

Pulau Bintan

Pulau Bintan merupakan salah satu pulau terbaik untuk menyelam di wilayah Indonesia bagian barat, tepatnya di Provinsi Kepulauan Riau. Selain kita akan dimanjakan dengan aneka terumbu karang dan ikan yang indah, kita juga bisa mengeksplore kapal laut yang telah karam.

Hal ini tentunya menciptakan sensasi tersendiri untuk para penggemar diving. Pulau Bintan juga memiliki pantai dengan pasir putih yang menawan. Salah satunya adalah Pantai Trikora. Hamparan pasir putih dan deburan ombak yang jernih membuat trikora menjadi tempat favorit para pencinta wisata laut.

Pulau Bangka

Pulau Bangka yang merupakan bagian dari Provinsi Bangka Belitung merupakan salah satu wisata bahari yang terbaik di Indonesia. Pulau Semujur dan Pulau Panjang merupakan spot-spot terbaik untuk menyelam di wilayah Pulau Bangka. Kota yang terkenal dengan sumber daya alam timahnya ini juga memiliki beberapa pantai yang memikat, diantaranya adalah Pantai Pasir Padi dan Pantai Parai Tenggiri.

Tanjung Benoa Bali

Pulau Dewata atau Bali memang telah terkenal sebagai salah satu spot terbaik untuk olahraga menyelam. Salah satu tempat yang pas untuk aktivitas menyelam adalah Tanjung Benoa. Di tempat ini para pengunjung bisa menikmati pemandangan aneka ragam terumbu karang dan ikan laut. Selain menyelam, pengunjung juga bisa menikmati permainan air di tempat ini seperti jet ski dan banana boat.

*Tempat Menyelam Terbaik Di Asia

Pulau Sipadan, Malaysia

Sipadan terkenal atas 3.000 dilindungi spesies ikan, ratusan jenis karang, dan sejumlah besar kura-kura yang telah menemukan rumah di tempat ini.

Pulau Similan, Thailand

Similan Island dalam bahasa Melayu disebut Pulau Sembilan, merupakan sekelompok pulau di laut Andaman. Pulau-pulau ini terletak di Provinsi Phang Nga dan dijadikan bagian dari taman nasional pada 1982.

Pulau Derawan, Kalimantan, Indonesia

Pulau Derawan merupakan salah satu obyek wisata andalan Kabupaten Berau, Kalimantan Timur

Kepulauan Mergui, Myanmar

Kepulauan Mergui terletak di bagian paling selatan dari Myanmar (Burma), terdiri dari lebih dari 800 pulau indah

Kepulauan Raja Ampat, Papua, Indonesia

Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Kabupaten Raja Ampat, Pulau Papua Barat.

Pulau Andaman, India

Sekelompok pulau di Teluk Benggala dan bagian dari wilayah Unio Pulau Andaman dan Nikobar India

Pulau Komodo, Indonesia

Salah satu spot favorit bagi para penyelam adalah Batu Bolong dan Tatawa Besar

Pulau Kerama, Okinawa Jepang

Kepulauan Kerama adalah sebuah kepulauan di Okinawa, Jepang. Kepulauan ini terdiri dari 22 pulau, dan terkenal sebagai salah satu tempat diving terbaik di Jepang

Tubbataha Reef National Marine Park, Filipina

Tubbataha reef yang terletak di Laut Sulu merupakan tempat konservasi laut yang dilindungi dan menjadi salah satu lokasi menyelam paling populer di Filipina

Sumber : CNN Travel
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6584 seconds (0.1#10.140)