Partikel Nano Hancurkan Kolesterol dalam Darah

Minggu, 22 Februari 2015 - 09:19 WIB
Partikel Nano Hancurkan Kolesterol dalam Darah
Partikel Nano Hancurkan Kolesterol dalam Darah
A A A
Partikel nano yang sangat kecil yang beraksi seperti miniatur pesawat tanpa awak (drone ) dapat menghancurkan plak di arteri. Temuan ini berdasarkan eksperimen para peneliti asal Amerika Serikat (AS).

Sejauh ini perawatan antikolesterol hanya diuji coba pada tikus laboratorium. Adapun partikel nano merupakan perawatan klinis untuk penderita kanker. Masih banyak tes keamanan yang harus dilakukan, tapi saat ini peneliti mendapat cara baru mengatasi atherosclerosis yang memicu serangan jantung dan pembunuh utama di AS dan negara maju lain.

Studi yang dilakukan Brigham and Women’s Hospital (BWH) dan Columbia University Medical Center itu dipublikasikan di Science Translational Medicine edisi 18 Februari. “Inicontohpertamateknologi partikel nano yang mengurangi atherosclerosis dalam model binatang.

Bertahun-tahun riset dan kolaborasi telah meningkatkan kemampuan kami menggunakan teknologi nano untuk mengatasi inflamasi, remodel, dan menstabilkan plak dalam model atherosclerosis canggih,” kata Omid Farokhzad, profesor di Harvard Medical School, dikutip kantor berita AFP.

Untuk studi ini, pengobatan nano dilakukan untuk membawa obat anti-inflamasi yang mengeluarkan agen terapi di lokasi target tempat terbentuknya plak. Menggunakan tikus dengan masalah arteri atau atherosclerosis , para peneliti merawat selama lima pekan dan dibandingkan pada tikus yang tak mendapat perawatan.

“Pada tikus yang mendapat pengobatan nano, kerusakan arteri dapat diperbaiki dan plak stabil,” ungkap hasil studi tersebut. Meski demikian, karena tikus tidak mengalami serangan jantung, para peneliti tidak tahu bagaimana cara efektif untuk manusia dan percobaan membutuhkan waktu bertahun-tahun.

Syarifudin
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6775 seconds (0.1#10.140)