Menambang Batu Akik, Mengeruk PAD

Jum'at, 20 Februari 2015 - 10:30 WIB
Menambang Batu Akik,...
Menambang Batu Akik, Mengeruk PAD
A A A
Sihir batu akik benar-benar sedang mewabah di masyarakat Indonesia. Selain menjamurnya usaha batu akik, saat ini banyak pemerintah daerah yang mulai berancang-ancang untuk menggali potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari maraknya usaha batu akik.

*Harga Sejumlah Batu Akik

  1. Batu blue spirtus (Baturaja, Sumatera Selatan) harganya bisa sampai Rp200 juta
  2. Batu ohen dari Garut harganya Rp5 juta sampai Rp10 juta
  3. Batu bacan hargnya dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah
  4. Batu Opal (Kalimaya) harganya bervariasi tergantung kualitas harga termahal USD2.500 /karat (sekitar Rp22 juta)
  5. Batu Sungai Dareh harganya mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah
  6. Batu Lavender harganya bisa mencapai Rp175 juta
  7. Batu Permata Blue Safir harganya dipatok sekitar Rp90.000.000
  8. Batu Permata Pigeon Blood Ruby harganya termahal Rp37.000.000
  9. Batu Permata Star Ruby Tanzania harganya termahal Rp32.000.000
  10. Batu Permata Super Giant Green Fluorite harganya termahal Rp30.000.000
  11. Batu Permata Sparkling London Blue Topas harganya termahal Rp12.000.000
  12. Super Green Chalcedony harganya termahal Rp8.000.000

*Ramai-Ramai Bidik PAD

  1. Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu, Riau sedang membuat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pengembangan Usaha Kerajinan Batu Akik untuk meningkatkan pendapatan masyarakat di daerah itu. Wakil Bupati Rokan Hulu Hamid Sukri mengatakan aturan itu bertujuan melindungi perajin serta cara mengeksploitasi sumber daya alam tersebut, Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Kampar, Riau berencana membuat Perda tentang batu akik di wilayahnya. Selain untuk mengatur soal penambangan, Perda dibutuhkan untuk menambah PAD.
  2. DPRD Bengkulu saat ini sedang merancang untuk mengusulkan pembuatan Perda Batu Akik. Alasan dibuatnya Perda Batu Akik karena salah satu potensi hasil kerajinan tangan masyarakat ini belum ada aturan yang jelas mengikatnya.
  3. Bupati Banyumas Achmad Husein meminta pegawainya mengenakan batu akik setiap Kamis sembari menggunakan pakaian adat Banyumas. Himbauan tersebut dimaksudkan agara usaha batu akik lokal bisa berkembang dan terpromosikan.
  4. Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto mewajibkan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan kerjanya menggunakan batu akik Klawing. Dengan himbauan itu diharapkan produksi ekonomi kerakyatan akan tumbuh. Bahkan kalangan DPRD di Purbalingga juga tengah menggodok adanya Perda mengenai pemakaian batu akik tersebut.
  5. Bupati Wonogiri Danar Rahmanto meminta jajarannya mengenakan akik cincin Oval Fire asli asal Bukit Manggal, Dusun Simpangan, Tirtomoyo. Selain untuk mempromosikan batu akik, hal itu juga untuk menggenjot potensi ekonomi lokal. Bahkan Bupati merancang perda mengenai kewajiban PNS mengenai pemakaian batu akik tersebut.
  6. Pemerintahan Desa Ngeru, Kecamatan Moyo Hilir, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) tengah membuat peraturan desa (perdes) agar seluruh masyarakatnya memakai batu cincin.

*Peta Batu Mulia Di Indonesia

JAWA BARAT

Salah satu wilayah istimewa di Jawa Barat menghasilkan batu Opal yang sangat indah. Wilayah itu adalah Banten. Batu gemerlap cantik ini lebih terkenal dengan sebutan Opal Kalimaya Banten. Penambangan batu Kalimaya biasa dilakukan di aliran Sungai Maja secara tradisional oleh penduduk lokal. Jawa Barat juga terkenal akan Akik Garutnya dan beberapa produk batu chrysophase atau Garut Hijau yang cukup terkenal. Sukabumi menjadi penghasil batu-batu akik cantik, memperkaya produk batu mulia Indonesia.

WILAYAH TIMUR

Ke arah timur, mulai dari Gunungkidul Wonosari, DIY sampai Pacitan, Jatim terdapat berbagai macam batu agate dengan kwalitas bagus. Berbagai macam Crystal alami ditemukan di berbagai tempat disini.

SUMATERA

Daerah Sumatera, daerah yang belum terjamah ternyata mempunyai jenis Batu Giok atau Jade yang sangat menawan. Terkenal dengan nama Sungai Dare, Giok Sumatera ini menjadi favorit para pecinta batu di Indonesia. Banyak sekali permintaan batu cantik ini di pasaran Yogyakarta dan sekitarnya.

KEP.MALUKU

Kepulauan Maluku, Halmahera terdapat jenis batu istimewa dengan harga lumayan tinggi di pasaran Batu Mulia Indonesia. Batu tersebut bernama Bacan, kebanyakan berwana hijau mengkilat. Batu ini juga sangat diminati oleh pecinta batu. Penambangan yang sulit membuat batu Bacan menjadi salah satu batu mulia langka dan mahal.

KALIMANTAN

Kalimantan merupakan pulau terbesar wilayah Indonesia yang sudah tidak asing lagi bagi penggemar batu. Salah satu batu mulia berharga dari daerah ini adalah intan di Martapura. Pulau Borneo juga terkenal akan batu Amethystnya, biasa disebut sebagai batu kecubung. Berbagai macam batu kecubung ditemukan di Borneo, mulai dari kecubung ungu, kopi, sampai kecubung teh.

  1. Sungai Dare Padang
  2. Amethyst Kalimantan
  3. Tekstite Bangka-Belitung
  4. Chrysophase Akik Garut
  5. Intan Martapura
  6. Opal Kalimaya Banten
  7. Agate Sukabumi
  8. Agate Wonosari
  9. Crystal,Agate Pacitan
  10. Kalimaya Tim Tim
  11. Bacan/Halmahera

*Dipercaya Bisa Melindungi Dan Punya Keberuntungan

1.Batu akik disebut agate dalam bahasa Inggris. Nama ini merupakan modifikasi dari Achates, nama sungai di Sicily.

2.Ada bukti bahwa batu akik sudah digunakan sejak tahun 20.000 sebelum Masehi. Bukti sejarah menunjukkan kaum pria dari Eropa Utara era Stone Age sudah menggunakan batu ini sebagai perhiasan.

3.Batu akik merupakan salah satu batu berharga pertama yang dikenal manusia.

4.Di budaya Persia, batu akik dianggap bisa melindungi. Contohnya menghindari badai dan menghilangkan rasa haus orang yang memakainya.

5.Batu akik juga diasosiasikan dengan kemampuan menyembuhkan sejumlah penyakit.

6. Bangsa Sumeria tercatat menggunakan batu akik untuk segel, manik-manik, serta berbagai jenis perhiaan lainnya.

7.Di Arab dan Persia kuno, orang-orang memakai batu akik di jari manis mereka. Batu akik dianggap punya

8.Batu akik dianggap punya makna terkait ulang tahun pernikahan ke 12 dan 14.

9.Batu permata ini juga dianggap batu keberuntungan bagi wanita hamil.

*Diatas Rp100 Juta Kena Pajak 5%

  1. Menurut Sigit, besaran pajak batu akik yang akan dikenakan adalah 5%
  2. Menurut Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Sigit Priyadi Pramudito, pajak pada batu akik akan diterapkan pada Juli 2015. Menurutnya, saat ini Direktorat Jenderal Pajak (DJP) tengah menggodok aturan mengenai pajak barang berharga.
  3. Menurut Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, batu Akik yang dikenakan pajak adalah batu akik yang harga jualnya di atas Rp 100 juta. Hal tersebut masuk pasal 22 PMK pajak atas barang yang sangat mewah
  4. Pemerintah melalui Kementerian Keuangan menyatakan akan melakukan revisi Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 253 Tahun 2008 tentang barang mewah untukmenarik pajak Batu Akik.
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8535 seconds (0.1#10.140)