Andrew Hsia Perkokoh Pertahanan Taiwan

Rabu, 18 Februari 2015 - 14:49 WIB
Andrew Hsia Perkokoh Pertahanan Taiwan
Andrew Hsia Perkokoh Pertahanan Taiwan
A A A
TAIPEI - Wakil Menteri Pertahanan Taiwan Andrew Hsia dilantik menjadi Menteri Dewan Urusan Daratan menggantikan Wang Yu Chi yang mengundurkan diri pekan lalu.

Hsia diharapkan dapat menggunakan pengalaman militernya untuk memperkokoh pertahanan daratan Taiwan. Sebagai diplomat veteran yang memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun dalam bidang militer dan telah berkeliling serta menjalin kerja sama dengan banyak negara termasuk Amerika Serikat (AS), Kanada, India dan Indonesia, Hsia diharapkan dapat membuat revolusi baru untuk memperkuat pertahanan di daratan Taiwan serta memfasilitasi pengadaan militer di daratan.

Hsia berharap, dirinya dapat menggunakan keahlian untuk membangun hubungan lintasselat yang lebih baik. Maklum, selama beberapa tahun terakhir Taiwan terus diguncang isu perdamaian dan stabilitas. Ia juga berniat untuk memberikan suntikan positif bagi dunia militer Taiwan yang selama ini tidak banyak mengalami perkembangan.

“Saya akan menyebarkan pengetahuan diplomatik dan pertahanan saya serta pengalaman selama menekuni dunia militer untuk menyuntikkan energi baru,” terang Hsia dilansir Channel News Asia . Namun Hsia akan mendapat sejumlah tantangan dalam menekuni peran barunya ini. Salah satunya adalah mengatasi serangkaian perselesihan di lintas selat atara China dan Taiwan.

Hsia harus bisa menegosiasikan keinginan Taiwan yang menolak adanya rute penerbangan baru yang dibuat pemerintah Beijing di atas perairan Taiwan . Sosok kelahiran Taiwan, 24 Desember 1950 ini adalah mantan politisi Republik of China (ROC) yang menjadi wakil menteri Pertahanan Nasional ROC pada 2013 silam. Kemarin Hsia pun resmi diangkat menjadi Menteri Dewan Urusan Daratan yang akan berperan memutuskan semua kebijakan pertahanan Taiwan.

Rini agustina
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8514 seconds (0.1#10.140)