Sindiran Zulkarnain, KPK Tak Asal Terima Laporan Masyarakat

Rabu, 11 Februari 2015 - 15:44 WIB
Sindiran Zulkarnain,...
Sindiran Zulkarnain, KPK Tak Asal Terima Laporan Masyarakat
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua KPK Zulkarnain enggan menanggapi tindakan sejumlah pihak yang melaporkan seluruh pemimpin KPK ke Bareskrim Mabes Polri. Menurutnya, upaya pelaporan itu merupakan hak setiap orang.

Zul enggan berspekulasi soal arah pengembangan kasus seluruh pemimpin KPK itu. Zul tidak ingin membuat polemik baru.

"Enggak usah tanya saya lah. Silakan saja lah. Barangkali tanya saja tim independen," ujar Zulkarnain di Jakarta, Rabu (11/2/2015).

"Posisi saya kan posisi subjektif. Tanya (saja) ke pakar hukum pidana," elak Zul.

Kendati demikian, Zul memberikan gambaran soal penanganan laporan masyarakat yang masuk ke Humas KPK. Menurutnya, KPK selalu menyeleksi setiap laporan yang masuk ke KPK.

"Kalau soal laporan masyarakat ke KPK itu cukup banyak. Tahun 2012 ada enam ribu lebih laporan, 2013 ada 7000 lebih. Tahun 2014 ada 8000 lebih. Jadi masalah laporan masyarakat kita harus verifikasi," paparnya.

Zul mengisyaratkan adanya perbedaan antara KPK dan Bareskrim Mabes Polri dalam menangani laporan dari masyarakat. Dia menunjukkan, KPK tak asal-asalan menanggapi setiap laporan yang masuk.

"Tapi sebagai perbandingan laporan masyarakat itu harus kita sortir. Kita lihat benar enggak si pelapornya, integritas si pelapor bisa dipertangungjawabkan enggak? Ada konflik kepentingan enggak pelapornya? Isi laporannya bagaimana?" jelasnya.

Menurut dia, menindaklanjuti laporan masyarakat tidaklah sederhana. "Makanya KPK melihat laporan yang demikian banyak permasalahan itu ada sebetulnya. Sehingga laporan di KPK, kita kelompok-kelompokkan," tandas Zul. (ico)
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0992 seconds (0.1#10.140)