Jimly: Penegak Hukum Cari Orang Jahat Bukan Orang Salah

Jum'at, 06 Februari 2015 - 18:54 WIB
Jimly: Penegak Hukum...
Jimly: Penegak Hukum Cari Orang Jahat Bukan Orang Salah
A A A
JAKARTA - Pakar Hukum Tata Negara Jimly Asshiddiqie mempunyai pandangan tersendiri terkait tugas dan wewenang dari aparat penegak hukum dalam menegakkan keadilan di tengah masyarakat.

Menurut mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu, yang harus dipedomani oleh seorang penegak hukum adalah mencari orang jahat, bukan mencari orang salah.

“Kalau mencari orang salah ya banyak sekali, dimana-mana ada orang salah,” ucap Jimly saat ditemui di Jakarta, Jumat (6/2/2015).

Apalagi hakikat dari seorang manusia, menurut Jimly, tidak akan luput dari yang namanya kesalahan. Sehingga, apabila ada orang yang memang berniat mempersoalkan kekurangannya itu, maka dapat dipastikan yang bersangkutan akan ketemu kesalahannya.

“Tidak ada manusia sempurna, kalau dicari-cari dapat itu kekurangannya,” ujar Wakil Ketua Tim Independen ini.

Meski demikian bagi para pemimpin, Jimly mengingatkan, bahwa siapapun itu bisa saja dicari kesalahannya oleh orang yang tidak suka dengannya. Untuk itu, ada baiknya tetap berlaku sesuai aturan selama menjalankan kepemimpinannya.

“Jadi siapapun termasuk pimpinan KPK juga harus mawas diri, bahwa kita ini manusia biasa, ada saja kekurangannya,” pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3118 seconds (0.1#10.140)