Varoufakis Berupaya Selamatkan Yunani dari Kebangkrutan

Jum'at, 06 Februari 2015 - 10:49 WIB
Varoufakis Berupaya Selamatkan Yunani dari Kebangkrutan
Varoufakis Berupaya Selamatkan Yunani dari Kebangkrutan
A A A
ATHENA - Menteri Keuangan Yunani Yanis Varoufakis berupaya mendapatkan dukungan dari kreditor guna menyelamatkan Yunani dari kebangkrutan.

Varoufakis ingin mengajukan beberapa kebijakan pada Bank Sentral Eropa (ECB) untuk mendapatkan keringanan pembayaran utang. Varoufakis, ekonom Marxis yang ditunjuk selepas pemilu pekan lalu, akan menemui Ketua Komisi Eropa Jean-Claude Juncker dan pimpinan ECB untuk membicarakan solusi kemerosotan ekonomi Yunani. Varoufakis meminta seluruh negara Uni Eropa, termasuk Jerman, sebagai pendonor terbesar Yunani untuk turut serta membangun ekonomi Yunani agar lebih stabil.

Menteri berusia 53 tahun ini berpendapat, jika negaranya mengalami kebangkrutan ekonomi, imbasnya akan dirasakan seluruh negara Eropa. Untuk mencegah itu, Varoufakis mengusulkan negaranya melakukan pembayaran utang sesuai pertumbuhan ekonomi, bukan sesuai keinginan kreditor. “ECB harus segera membuat keputusan tepat tentang kesepakatan apa yang harus dilakukan antara Yunani dan mitranya agar saling menguntungkan,” ucap Varoufakis, dilansir Businessinsider .

Sayangnya, usaha keras Varoufakis ini kemungkinan akan mendapat tentangan keras dari Menteri Keuangan Jerman Wolfgang Schauble yang menolak ada keringanan pembayaran utang Yunani. Kendati terus mendapat penolakan dari Jerman, Varoufakis menegaskan dirinya tidak akan menyerah hingga Uni Eropa bersedia membantu negaranya dan mendesak Jerman untuk kembali memberikan pinjaman.

Ti ndakan Varoufakis ini banyak diperbincangkan komunitas internasional yang menyebutnya sebagai tindakan ekstrem. Varoufakis yang lahir pada 24 Maret 1961 adalah seorang ekonom, politikus, dan penulis yang memiliki kewarganegaraan ganda Yunani-Australia.

Setelah lulus dari Moraitis School di Athena, Varoufakis melanjutnya studinya dengan mengikuti pelatihan matematika dan statistik hingga menerima gelar doktor ekonomi pada 1981 di University of Essex. Varoufakis diangkat sebagai menteri keuangan oleh Perdana Menteri Alexis Tsipras pascakemenangan Partai Syriza pada pemilihan parlemen 25 Januari 2015.

Rini agustina
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7342 seconds (0.1#10.140)
pixels