Kereta Komuter Tabrak Mobil, 7 Tewas

Kamis, 05 Februari 2015 - 12:54 WIB
Kereta Komuter Tabrak Mobil, 7 Tewas
Kereta Komuter Tabrak Mobil, 7 Tewas
A A A
NEW YORK - Tujuh orang meninggal dunia dan puluhan lainnya terluka ketika kereta komuter bertabrakan dengan sebuah mobil di New York pada Selasa (3/2) malam waktu setempat.

Insiden kecelakaan itu tercatat paling mematikan di jalur kereta api yang sangat sibuk dan jam padat di New York, Amerika Serikat. Korban tewas adalah enam penumpang kereta dan seorang supir mobil Jeep Cherokee yang tertabrak kereta pada pukul 6.30 malam waktu setempat. “Ini pemandangan yang benarbenar bodoh dan brutal,” kata Gubernur New York Andrew Cuomo, dikutip Reuters . Cuomo langsung berkunjung ke lokasi kecelakaan untuk memantau situasi.

“Jalur kereta ketiga keluar akibat ledakan dan menimpa mobil di sebelah kanan. Itu situasi yang sungguh mengerikan,” ungkap Cuomo. Jalur rel kereta ketiga itu terdapat 750 volt aliran listrik dan meledakkan mobil, lokomotif, serta gerbong kereta. Lima mobil di sekitar lokasi juga rusak akibat ledakan dan lemparan serpihan. “Yang menakjubkan adalah tidak banyak orang terluka di dalam kereta,” kata Cuomo.

Jumlah korban diperkirakan akan meningkat. Sebanyak 12 orang terluka dan 10 di antaranya mengalami luka serius. Belasan penumpang yang terluka dilarikan ke Pusat Medis Westchester. Ratusan penumpang dari delapan gerbong yang ketakutan juga telah dievakuasi ke sebuah tempat olahraga panjat. Metro-North, operator kereta komuter, membenarkan tentang kecelakaan di Valhalla, pinggiran Kota New York. Neil Rader, seorang penumpang, mengungkapkan, dia merasakan sedikit hentakan.

“Itu seperti tidak akan berhenti. Ternyata kereta itu berhenti sepenuhnya,” katanya kepada NBC . Para penumpang yang panik langsung memecahkan kaca dan keluar gerbong. Sebanyak 50 hingga 60 ambulans berada di lokasi kejadian. “Saya tidak pernah melihat insiden seperti ini,” ujar Rader.

Penyelidikan kecelakaan masih berlangsung. Fokus penyelidikan kenapa mobil itu berada di jalur kereta. Mediamedia AS melaporkan, sopir mobil berusaha keluar untuk mendorong mobilnya agar keluar dari jalur kereta. Tetapi, mobil itu justru kembali ke dalam jalur hingga akhirnya dihantam kereta. Para pejabat keamanan tidak mengungkapkan kenapa mobil itu berada di dalam jalur kereta. Pejabat wilayah Westchester, Rob Astorino, mengungkapkan, perlu ada pembedaan antara kecelakaan dan kesalahan yang dilakukan masinis kereta.

“Penyelidikan masih dilakukan,” ujarnya, dikutip AFP . Otoritas Transportasi Metropolitan (MTA) New York mengungkapkan, jalur kereta api langsung ditutup akibat kecelakaan itu. MTA mengungkapkan, penumpang kereta akan diangkut dengan bus. Ribuan warga New York juga telah mendapatkan peringatan tentang penundaan dan pembatalan jadwal kereta.

Kecelakaan itu memicu kritik terhadap Metro-North dalam memberikan jaminan pelayanandankeselamatanbagi penumpang. Pada 2013 kecelakaan kereta terjadi karena anjloknya rel kereta hingga menyebabkan empat orang tewas dan 70 orang terluka.

Awal tahun ini kereta penumpang Metro-North bertabrakan di antara Kota Fairfield dan Bridgeport, Connecticut, yang mengakibatkan 70 orang terluka.

Andika hendra m
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7279 seconds (0.1#10.140)