KMP-Jokowi Mesra, Golkar Bali Pegang Kendali

Minggu, 01 Februari 2015 - 06:13 WIB
KMP-Jokowi Mesra, Golkar...
KMP-Jokowi Mesra, Golkar Bali Pegang Kendali
A A A
JAKARTA - Polemik dualisme di tubuh Partai Golkar yang masih belum ada penyelesaiannya membuat partai berlambang beringin ini terombang ambing dalam situasi politik saat ini. Penyelesaian dualisme Golkar yang belum tuntas akan sangat menentukan nasibnya di momen-momen politik 2015.

"Momen paling penting adalah pilkada serentak. Jika tidak segera tuntas, maka Golkar akan gigit jari di pilkada," ujar Direktur Eksekutif PolcoMM Institute Heri Budianto kepada Sindonews, Sabtu 31 Januari 2015.

Menurut dia, mestinya elite Golkar mengedepankan kepentingan partai dan segera menyelesaikan persoalan. Khususnya Aburizal Bakrie (Ical) dan Agung Laksano tidak boleh saling sandera, yang kemudian merugikan Golkar secara keseluruhan.

"Kasian DPD I dan II yang menunggu situasi DPP kondusif," ucapnya.

Heri berpandangan, situasi politik hari ini dimana Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu Prabowo Subianto dan direncanakan akan berlanjut akan semakin menguatkan Golkar di bawah pimpinan Ical.

"Kalau dilihat dari situasi politik saat ini Golkar Bali menguat posisinya dan memegang kendali secara politik. Ical menguat, sebab posisi tawarnya pada Presiden Jokowi dan pemerintah menjadi sangat kuat," jelasnya.

Lanjut dia, itu disebabkan oleh kepentingan Jokowi terhadap Koalisi Merah Putih (KMP) dalam menggolkan keinginan politik membatalkan pelantikan Kapolri Komjen Pol Budi Gunawan.

Meski situasi cepat berubah, tambahnya, pertanyaannya jika suasana sudah seperti ini, apakah Ical akan bernegosiasi dengan Agung? Kendati sulit dijawab, jika dilihat dari ego politik maka akan semakin jauh rekonsiliasi itu akan terjadi.

"Ical memegang kunci saat ini, posisi Agung tidak menguntungkan. Sekarang kepiawaian Ical memainkan situasi ini akan diuji. Apakah Ical mampu menarik gerbong Golkar untuk menyelamatkan perpecahan yang ada," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0674 seconds (0.1#10.140)