Raja-Raja dengan Kekayaan Melimpah

Selasa, 27 Januari 2015 - 11:17 WIB
Raja-Raja dengan Kekayaan Melimpah
Raja-Raja dengan Kekayaan Melimpah
A A A
Salah satu kepala negara monarki terkaya di dunia pemimpin Arab Saudi Raja Abdullah wafat pada 23 Januari lalu.

Dilansir Forbes maupun Business Insider, Raja Abdullah pernah dinobatkan sebagai raja terkaya sejagat selama bertahun-tahun. Lalu selain Abdullah siapa raja-raja yang memiliki harta melimpah?.

1. Raja Thailand
Bhumibol Adulyadej Pria 84 tahun ini dikenal sangat merakyat. Oleh sebab itu, pengaruhnya sangat besar di Negeri Gajah Putih. Walau merakyat, kekayaannya bikin geleng-geleng. Forbes menaksir harta pribadi Bhumibol setara USD30 miliar (setara Rp 345 triliun).
Sang Raja yang bergelar Sri Rama ke-IX ini menguasai banyak ribuan hektar tanah bernilai strategis di Thailand. Konon, Bhumibol memiliki berlian terbesar sejagat yang harganya mencapai USD12 juta. Kekayaan itu pula yang membuat keluarga raja sangat berpengaruh di negara ini.

2. Sultan Brunei Hassanal Bolkiah
Raja Brunei Darussalam ini menikmati kekayaan melimpah karena negaranya adalah monarki absolut. Negara tetangga Indonesia ini diberkahi kandungan minyak yang amat kaya. Seandainya boros sekalipun, emas hitam di Brunei baru habis 25 tahun lagi. Sejauh ini, Hassanal Bolkiah masih menikmati uang minyak. Kekayaan bersihnya senilai USD20 miliar.
Raja satu ini, serta keluarga besarnya, dikenal sebagai yang paling boros di dunia. Aksi-aksi mereka membeli benda mewah kerap diberitakan.

3. Emir UEA Khalifa bin Zayed al- Nayhan
Dia masih sepupu Muhammad bin Rasyid. Khalifa sekarang adalah Emir dari Uni Emirat Arab (UEA), atau secara formal setara presiden. Jabatan ini diembannya sejak 2004. Berkat sumur minyak yang seakan tidak berdasar, Khalifa memperoleh kekayaan bersih senilai USD15 miliar.
Jatah sang emir ditaksir 100 miliar barel minyak mentah.

4. Perdana Menteri UEA Muhammad bin Rasyid al- Maktoum
Dia adalah Perdana Menteri Uni Emirat Arab (UEA) yang juga seorang bangsawan di UEA, sekaligus sahabat baik mendiang Raja Abdullah. Walau statusnya 'cuma' orang nomor dua di negeri kaya minyak itu, tapi hartanya masih teramat melimpah.
Tabloid Mirror pada 2013 menyatakan kekayaan Muhammad bin Rasyid 41 ribu kali lipat, rata-rata warga biasa di Uni Emirat Arab. Bisa dibayangkan betapa makmurnya dia. Forbes memperkirakan hartanya senilai USD12 miliar.

5. Pangeran Liechtenstein Hans-Adam II
Luas Liechtenstein yang berada di Eropa tak lebih besar dari Provinsi Banten. Kendati demikian, ini adalah salah satu negara paling makmur di dunia tak terkecuali rajanya. Pangeran Hans-Adam II memiliki harta hingga tujuh turunan. Forbes menaksir total kekayaan bersihnya mencapai USD4 miliar atau setara Rp43,3 triliun.
Lulusan Universitas St. Gallen, Swiss ini semasa muda bekerja di bank dan sektor-sektor keuangan lainnya.

6. Raja Maroko Mohammed VI
Raja Maroko berusia 46 tahun ini memiliki aset senilai USD2,5 miliar dan dikenal karena reputasinya memodernisasi masyarakat dan membudayakan keterbukaan juga usahanya memberantas kemiskinan dalam masyarakat Maroko. Istananya di kota Rabat terbuka untuk publik. Istana ini dikenal dengan tamantamannya yang indah dan gerbang utamanya yang sangat megah.

7. Emir Qatar Sheikh Hamad Bin Khalifa Al Thani
Sheikh Hamad, Emir Qatar berusia 56 tahun ini memiliki kekayaan senilai USD2,4 miliar. Sheikh ini dikenal karena jasanya mengembangkan sumber daya minyak bumi dan gas alam. Juga mashyur karena kontribusinya memodernisasi angkatan bersenjatanya.

8. Pangeran Albert II dari Monaco
Pangeran Albert II, berusia 50 tahun, merupakan penerus kerajaan kecil Monaco. Kekayaan bersihnya USD1,4 miliar. Pangeran yang satu ini diketahui sebagai kepala negara satu-satunya di dunia yang pernah mengunjungi kutub utara. Dia juga menjabat sebagai Global Advisor di Orphans International.

9. Sultan Oman Qaboos Bin Said
Sultan Oman Qaboos Bin Said, memiliki kekayaan senilai USD1,1 miliar. Sultan berusia 67 tahun ini meraih kekuasaan setelah menggulingkan ayahnya sendiri. Kekayaan pemimpin salah satu negeri di kawasan teluk ini diperoleh dari surplus produksi minyak di negerinya. Dia memiliki yacht mewah yang panjangnya 500 ft.

10. Pangeran Karim Al Husseini Aga Khan
Pangeran Aga Khan (71 tahun) adalah pemimpin spiritual muslim Ismaili di India dengan kekayaan yang ditaksir senilai USD1 miliar. Aga Khan mengetuai Aga Khan Development Network yang mempunyai investasi di berbagai proyek pembangunan di Asia dan Afrika.

Pundi-Pundi Kekayaan Raja Thailand

Paduka Yang Mulia Raja Bhumibol Adulyadej lahir di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat, 5 Desember 1927 (umur 87 tahun) atau dikenal sebagai Raja Rama IX adalah Raja Thailand sejak 9 Juni 1946. Ia menghabiskan pendidikan SLTA di Lausanne, Swiss dan pada 5 Mei 1950, Bhumibol kembali ke Thailand dan diangkat menjadi raja lewat sebuah upacara resmi kerajaan.

Bhumibol memerintah dengan seorang wakil raja hingga tahun 1950 dan naik takhta sebagai Raja Rama IX. Kepemimpinannya mendapat tempat di hati rakyat karena sentuhan-sentuhan pribadinya. Raja yang gemar fotografi dan mengarang atau menerjemahkan ini dikenal seorang atlet berlayar dan memperoleh medali emas dalam Asian Games (SEA Games ) pada tahun 1967 di Manila (Filipina).

- Biro Properti Kerajaan mengelola semua properti dan investasi keluarga kerajaan
- Aset yang dikelola biro ini termasuk 1.340 hektare tanah di kota Bangkok dan 5.340 hektare di berbagai wilayah pedesaan Thailand
- Raja juga memiliki 32% saham Siam Cement, 23% saham Siam Commercial Bank, dan berbagai investasi lain
- Raja Thailand juga memiliki Golden Jubilee, salah satu berlian terbesar di dunia yang diperkirakan berharga antara 4 juta dollar AS dan 12 juta dollar AS
- Raja Thailand memiliki gelar kehormatan dari Universitas paling banyak di dunia yaitu sebanyak 136 gelar.

5 Monarki Tertua di Dunia

1. Arab Saudi.
Arab Saudi atau Saudi Arabia adalah salah satu negara kaya di Timur Tengah. Arab Saudi terkenal sebagai Negara kelahiran Nabi Muhammad SAW serta tumbuh dan berkembangnya agama Islam, sehingga pada benderanya terdapat dua kalimat syahadat. Ekonominya dihasilkan dari sumber minyak yang melimpah dan juga dari kegiatan haji/umrah yang dilakukan oleh muslim di seluruh dunia setiap tahunnya.
2. Belanda.
Belanda adalah negara di Eropa bagian barat laut dan merupakan salah satu negara yang terpadat di dunia. Belanda terkenal dengan dijk (tanggul), kincir angin, terompa kayu, tulip dan sifat terbuka masyarakatnya. Belanda juga menjadi tempat
3. Denmark.
Kerajaan Denmark adalah negara Nordik yang paling kecil dan paling selatan. Negara ini menganut monarki konstitusional dan demokrasi parlementer yang memiliki satu pemerintah pusat dan 98 munisipalitas sebagai pemerintah daerah. Denmark telah menjadi anggota Uni Eropa sejak 1973 dan salah satu pendiri NATO.
4. Inggris.
Perserikatan Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara atau umumnya dikenal sebagai Britania Raya, Inggris, Inggris Raya, atau Pulau Britania Raya. Britania Raya merupakan persemakmuran yang terdiri dari negara-negara bekas jajahan Inggris yang hingga saat ini masih mengakui Ratu Inggris sebagai kepala negara.
5. Kamboja.
Kerajaan Kamboja adalah sebuah negara berbentuk monarki konstitusional di Asia Tenggara. Negara ini merupakan penerus Kekaisaran Khmer yang pernah menguasai seluruh Semenanjung Indochina antara abad ke-11 dan 14.

Info Grafis:Koran Sindo/Budi Christianto, Foto-Foto:Istimewa
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3595 seconds (0.1#10.140)