Kopi Cegah Risiko Kanker Melanoma

Minggu, 25 Januari 2015 - 12:25 WIB
Kopi Cegah Risiko Kanker Melanoma
Kopi Cegah Risiko Kanker Melanoma
A A A
Penelitian yang diterbitkan Journal of National Cancer Institute baru-baru ini kembali mengungkap manfaat kafein pada kopi. Loftfield Rikka dari Yale University School of Public Health, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa orang yang meminum kopi setiap hari memiliki risiko lebih rendah terkena melanoma daripada mereka yang sedikit atau tidak sama sekali meminum kopi.

”Menikmati empat cangkir atau lebih minuman kopi per hari bisa menurunkan sekitar 20% risiko melanoma ganas,” katanya. Melanoma adalah penyakit yang menyerang kulit di mana sel-sel kanker berkembang pada sel melanosit penghasil melanin (pigmen yang memberi warna pada kulit).

Melanoma bahkan dapat menyebabkan kematian. Berdasar penelitian tersebut, kandungan kafein pada kopi dapat mengurangi kerusakan sel-sel kulit akibat paparan sinar ultraviolet matahari. Penelitian ini melibatkan 3,5 juta orang yang tinggal di berbagai daerah mencakup Florida, California, New Jersey, North Carolina, Pennsylvania, Louisiana, dan dua kota lainnya di Atlanta dan Detroit.

Dina Angelina
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1346 seconds (0.1#10.140)