Pemuda Desa Berprestasi Dikirim ke Taiwan

Sabtu, 24 Januari 2015 - 13:23 WIB
Pemuda Desa Berprestasi Dikirim ke Taiwan
Pemuda Desa Berprestasi Dikirim ke Taiwan
A A A
JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar menjajaki kerja sama dengan Taiwan untuk mengirimkan pemuda desa berprestasi ke Taiwan.

Program kerja sama ini diharapkan bisa memacu para pemuda untuk membangun desa. “Di bidang pertanian, Taiwan maju. Nah , kita tengah mengirim tim untuk menjajaki kerja sama dengan Taiwan untuk program beasiswa untuk pemuda desa,” kata Marwan di Jakarta kemarin.

Menurut dia, program ini sangat berguna bagi penguatan sumber daya manusia di desa. Sejauh ini, banyak kerja sama dengan Taiwan yang sukses terutama di sektor pertanian. “Kemarin pas ke Desa Cikarawang, Bogor itu berhasil mengembangkan jambu kristal. Dulu ini hasil kerja sama dengan Taiwan dan saat ini diterapkan oleh petani di Cikarawang,” ujarnya.

Diharapkan, setelah lulus nanti, para pemuda desa itu bisa mempraktikkan ilmunya untuk menghidupkan perekonomian desanya. “Syaratnya setelah lulus harus pulang ke kampungnya. Bayangkan jika SDM masyarakat desa bagus, tentu daerah itu bergairah dan bergerak ekonominya,” kata dia.

Menurut Marwan, desa perlu mengidentifikasi produk unggulannya sehingga bisa dijadikan komoditas pertanian yang bisa menghidupi warga di desa itu, sekaligus bisa berkontribusi untuk menyukseskan ketahanan pangan. “Cikarang ikonnya jambu kristal, Desa Babakan Ciseeng ikonnya ikan lele, dan seterusnya,” jelas Marwan.

Sebelumnya Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menyebutkan, tahun ini pemerintah pusat akan menyalurkan dana Rp750 juta untuk setiap desa. Besaran ini berkurang dari yang dialokasikan dalam APBN 2015. Namun dalam dua tahun mendatang, rencananya jatah anggaran untuk desa bakal meningkat menjadi Rp1,4 miliar. “Untuk tahap awal di tahun ini, alokasi dana desa Rp20 triliun dari APBN dan APBD. Setiap desa dapat Rp750 juta,” ujarnya.

Neneng zubaidah
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5808 seconds (0.1#10.140)