Sisi Lain Budi Gunawan Menurut Komnas HAM

Kamis, 15 Januari 2015 - 16:19 WIB
Sisi Lain Budi Gunawan...
Sisi Lain Budi Gunawan Menurut Komnas HAM
A A A
JAKARTA - Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai berpendapat, calon Kapolri Komjen Pol Budi Gunawan memiliki nilai plus dan minus yang harus diketahui publik.

Menurut Pigai, dalam karir Budi Gunawan, kepala Lemdikpol Polri ini dianggap memiliki prestasi gemilang di bidang pendidikan untuk anggota Polri.

"Kami (Komnas HAM) kerja sama dengan lembaga yang dipimpin Budi Gunawan. Kemudian kita juga membuat kurikulum HAM bagi pendidikan dan pengajaran anggota polisi," kata Pigai saat jumpa pers di kantornya, Jakarta, Kamis (15/1/2015)

Dia menambahkan, dalam kerja sama tersebut, sosok Budi Gunawan dinilai cakap dalam membangun karakteristik pendidikan Polri, khususnya kapasitas pendidikan di bidang penyidikan.

"Secara pribadi individu BG (Budi Gunawan) adalah individu berperspektif HAM (Hak Asasi Manusia)," ucapnya.

Meski demikian, ada sisi negatif yang sekarang menyandera Budi Gunawan, yaitu statusnya sebagai tersangka oleh KPK. Oleh karenanya, Komnas HAM meminta Presiden Jokowi mempertimbangkan ulang pencalonan Budi Gunawan sebagai Kapolri.

"Kami mengimbau presiden saat ambil keputusan harus menjaga marwah institusi legislatif dan KPK. Karena proses tata negara dan politik juga berlangsung jauh," tuturnya.

Pigai mengaku, dalam hal Budi Gunawan, pihaknya tak ingin terjebak di posisi antara menolak atau mendukung pencalonan Budi. Sebab, sejak awal Komnas HAM tidak pernah dilibatkan dalam memilih calon Kapolri.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0865 seconds (0.1#10.140)