Maskapai Dunia Paling Aman

Selasa, 13 Januari 2015 - 17:16 WIB
Maskapai Dunia Paling Aman
Maskapai Dunia Paling Aman
A A A
1. Qantas
Kepanjangan dari "Queensland and Northern Territory Aerial Services". Akrab disebut "The Flying Kangaroo", maskapai ini berpusat di Sydney, dengan pangkalan utama di Bandar Udara Internasional Kingsford Smith, dan merupakan maskapai terbesar Australia.

2. Air New Zealand
Perusahaan penerbangan asal Selandia Baru yang berbasis di Auckland. Maskapai ini melayani penumpang berjadwal ke 25 rute domestik dan 26 tujuan internasional di 15 negara di Asia, Eropa, Amerika Utara dan Oseania. Maskapai ini telah menjadi anggota dari Star Alliance (aliansi maskapai penerbangan terbesar di dunia) sejak tahun 1999

3. British Airways
British Airways adalah salah satu maskapai penerbangan terbesar di Britania Raya dan di dunia dengan penerbangan trans-Atlantik. Pusat operasinya berada di Bandara London Heathrow dan Gatwick, London serta beberapa pusat yang lebih kecil seperti di Bandara Internasional Manchester, Manchester dan Bandara Internasional Birmingham, Birmingham.

4. Cathay Pacific
Cathay Pacific adalah sebuah maskapai penerbangan yang berpusat di Bandar Udara Internasional Hong Kong. Maskapai ini melayani kira-kira satu juta penumpang per bulan ke 62 rute tujuan.

5. Emirates
Emirates adalah sebuah maskapai penerbangan yang berpusat di Bandara Internasional Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Maskapai ini mengalami perkembangan pesat sekitar tahun 2000-an di saat maskapai lain berjuang untuk bertahan dari kebangkrutan. Emirates sekarang melayani berbagai tujuan di Timur Tengah, Timur Jauh, India, Afrika, Eropa, dan Amerika Utara.

6. Etihad Airways
Etihad Airways merupakan maskapai penerbangan nasional Uni Emirat Arab (UEA) yang berbasis di Abu Dhabi. Dengan kekayaan alam yang dimiliki, pemerintah UEA bersama investor swasta asing membentuk suatu kesatuan perusahaan transportasi udara yang bernama Etihad (Persatuan) yang berdiri pada bulan Juli 2003. Kini Etihad dikenal sebagai salah satu maskapai paling berpengaruh dan memiliki penghargaan yang banyak setelah 12 tahun berdiri

7. Eva Air
Eva Air adalah maskapai penerbangan yang berpangkalan di Bandara Internasional Taoyuan Taiwan, Taiwan. EVA Air didirikan tahun 1989 dan merupakan salah satu subsidiari dari Evergreen Group.

8. Finair
Finair adalah maskapai penerbangan terbesar Finlandia yang berkantor pusat di Helsinki. Finnair dan anak perusahaannya mendominasi perjalanan udara domestik dan internasional di Finlandia dan merupakan maskapai kelima tertua di dunia yang beroperasi tanpa terputus.

9. Lufthansa
Lufthansa merupakan maskapai penerbangan nasional Jerman yang berkantor pusat di Köln, dan berbasis di Bandar Udara Internasional Frankfurt. Lufthansa merupakan maskapai terbesar di Eropa berdasarkan jumlah penumpang yang diangkut dengan mengoperasikan sebanyak 529 pesawat dan melayani rute penerbangan ke 209 kota di 81 negara. Lufthansa adalah anggota pendiri Star Alliance, aliansi maskapai penerbangan terbesar di dunia.

10. Singapore Airlines
Singapore Airlines adalah maskapai penerbangan nasional Singapura yang merupakan salah satu maskapai terbaik dan tersukses di Asia dengan penerbangan ke Eropa, Amerika Utara, serta Asia dan Australia. Penerbangan ke beberapa kota Asia Tenggara, Republik Rakyat Tiongkok, dan India ditangani oleh SilkAir sedangkan kargonya ditangani oleh Singapore Airlines Cargo.

Mengapa Qantas Paling Aman

1. Qantas adalah maskapai penerbangan bebas rokok pertama di dunia dan menerapkan aturan ketat larangan merokok pada seluruh jalur penerbangan. Bila ada penumpangnya nekat merokok maka sanksi pidana yang berat menanti penumpang bandel tersebut.

2. Qantas sangat ketat terhadap barang bawaan penumpang, baik yang masuk bagasi maupun yang dibawa diatas kabin.
Kelebihan 0,01 kg pun tidak akan ditolerir oleh sistem

Faktor maintenance, atau perawatan pesawat. Qantas dalam perawatan pesawatnya menerapkan standar tinggi

3. Meski harga tiketnya mahal dibanding dengan maskapai berjenis low cost airlines (biaya murah), tetapi hal itu tetap
menjadikan Qantas pilihan banyak penumpang

4. Harga satu unit pesawat Qantas lebih mahal dibandingkan pesawat sejenis milik perusahaan penerbangan lain. Hal ini disebabkan Qantas menginginkan varian yang ada di dalam pesawatnya berbeda dengan maskapai lain. Selain itu Qantas juga memberikan nilai lebih untuk varian alat-alat keselamatan penerbangannya serta melatih pilot-pilotnya terkait kemampuan dalam keadaan darurat (emergency situation).

5. Sejak berdirinya hingga akhir dekade 1990, manajemen Qantas konsisten menerapkan 1 (satu) jenis pesawat. Saat itu semua pesawat Qantas adalah produksi Boeing Company dengan maksud agar perawatan pesawat menjadi mudah dan terstandarisasi. Setelah pergantian manajemen pada akhir abad 20, kini armada pesawat Qantas juga memiliki pesawat buatan pabrikan Airbus.

6. Menurut audit dari International Air Transport Association Operational Safety Audit (IOSA), Qantas selama ini memiliki catatan keamanan sangat baik dengan mendapat predikat tujuh bintang keselamatan.

Tantangan Penerbangan Indonesia

Indonesia menjadi sebuah Negara dengan salah satu pertumbuhan pasar tercepat untuk pesawat komersial. Namun, peluang dunia penerbangan Indonesia tersebut harus berhadapan dengan ancaman keselamatan penerbangan Indonesia yang masih sangat rendah. Berikut fakta-fakta keselamatan penerbangan Indonesia:

1. Tim PBB pada bulan Mei 2014 lalu memberikan skor 61 untuk keselamatan penerbangan Indonesia. Skor ini bahkan lebih buruk daripada Myanmar dan Laos

2. Tingkat kematian penumpang akibat kecelakaan pesawat di Indonesia adalah 1 per 1 juta penumpang pesawat dalam 1 dekade terakhir. Nilai ini 25 kali lebih besar daripada nilai yang dicatatkan Amerika Serikat

3. Indonesia punya catatan panjang sebagai Negara berkembang yang hampir selalu berada pada peringkat atas pada tingkat masalah penerbangan. Hal ini karena lemahnya praktek keselamatan penerbangan, rendahnya jumlah pilot berpengalaman, banyaknya pegunungan yang mendatangkan bahaya untuk penerbangan rendah dan meledaknya jumlah maskapai penerbangan karena peningkatan ekonomi

4. Indonesia masuk dalam 9 negara yang tercatat gagal dalam penilaian keselamatan penerbangan oleh United States Federal Aviation Administration. (Negara lain yang gagal adalah Bangladesh, Barbados, Curaçao, Ghana, India, Nicaragua, Saint Martin dan Uruguay)

5. Sebuah simbol permasalahan keselamatan penerbangan Indonesia adalah pegunungan dekat Jakarta (Gunung Gede,Pangrango, Jabar dan Salak, Bogor) yang telah menjadi tempat 6 kecelakaan fatal dalam 12 tahun belakangan.

6. Perusahaan Asuransi meminta bayaran hampir 2 kali lipat rata-rata harga global untuk maskapai Indonesia karena catatan keselamatan penerbangan yang buruk

7. Uni Eropa telah melarang 62 maskapai asal Indonesia untuk mendarat di Eropa karena faktor keselamatan yang buruk

8. Lembaga Pemerintah yang menaungi urusan penerbangan, Direktorat Jenderal Penerbangan Sipil Kementrian Perhubungan dinilai memiliki sejumlah masalah di antaranya kurang sumber daya.

Maskapai Penerbangan Indonesia
Berdasarkan data dari Civil Aviation authorities of Member States of the European Union tahun 2014, hanya ada 5 maskapai dari 67 maskapai penerbangan Indonesia yang boleh untuk mendaratkan pesawatnya di Eropa dengan pertimbangan keselamatan:

1. Garuda Indonesia
2. Airfast Indonesia
3. Mandala Airlines
4. Ekspres Transportasi Antarbenua (Premi Air)
5. Indonesia Air Asia

Source: Koran SINDO
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5204 seconds (0.1#10.140)