Persiapan Para Pencari Beasiswa

Sabtu, 10 Januari 2015 - 14:28 WIB
Persiapan Para Pencari Beasiswa
Persiapan Para Pencari Beasiswa
A A A
Siapa yang tidak ingin bila mendapatkan kesempatan mengecap pendidikan dan secara cuma-Cuma dari beasiswa? Sekolah gratis, biaya hidup gratis, dan bonusnya menjadi pelajar yang cerdas.

Orang tua, guru, dan teman pasti bangga atas prestasi kita.“Mendapatkan beasiswa banyak tantangannya, karena itu perlu persiapan mental, fisik, dan dana,” ujar Dina, mahasiswi jurusan Bahasa Jerman UNJ. Berikut persiapan yang harus dilakukan:

DANA

Masalah keuangan perlu dipersiapkan. Tidak semua lembaga penyalur beasiswa non studi menyiapkan dana penuh. Misalnya hanya tansportasi atau biaya pendaftaran saja yang didanai. Maka itu keuangan harus dipersiapkan untuk keseluruhan kegiatan pendidikan

WAWASAN LUAS

Pelajar dituntut untuk memiliki bekal pengetahuan yang luas baik akademik maupun non akademik. Kecepatan berpikir, cerdas, dan sosialisasi tinggi salah satu ujung tombak pelajar berprestasi.

KEMAMPUAN BERBAHASA

Syarat skor TOEFL menjadi salah satu syarat yang harus diperhatikan oleh pelajar pencari beasiswa. Untuk beasiswa dalam negeri skor TOEFL yang harus dimiliki minimal 450-550. Untuk beasiswa luar negeri skor TOEFL 500- 550 IELTS bersertifikat standar.

PASPOR

Untuk pelajar yang siap studi ke luar negeri sebaiknya tidak menunda untuk membuat paspor. Pembuatan paspor sangat penting untuk legalitas kita menetap di negara yang kita tuju.

MENTAL

Keadaan jiwa baik jasmani dan rohani menjadi factor utama bagi pelajar pencari beasiswa. Kondisi fisik yang sehat dan jiwa yang kuat akan menentukan kematangan kita berpikir serta selalu tampil maksimal dalam segala keadaan, terutama hidup di negeri orang.

Hadi Setioko
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5148 seconds (0.1#10.140)