Kiat Meraih Beasiswa Ke Luar Negeri

Sabtu, 10 Januari 2015 - 14:27 WIB
Kiat Meraih Beasiswa Ke Luar Negeri
Kiat Meraih Beasiswa Ke Luar Negeri
A A A
Mendapatkan beasiswa ke luar negeri tidak semudah membalikkan telapak tangan. Diperlukan usaha dan perjuangan yang gigih agar beasiswa yang kita ajukan bisa tembus. Nah, kalau kamu sedang atau ingin apply beasiswa, tips dan trik yang harus disimak!

Bagus di Bidang Akademis

Walau angka di atas kertas bukanlah segalanya, tapi pencapaian akademis yang bagus akan menunjukkan kemampuanmu kepada pemberi beasiswa. Tak jarang institusi pemberi beasiswa yang mensyaratkan pelamarnya adalah mereka yang memiliki pencapaian akademis yang baik. Jadi, mulailah untuk tingkatkan nilai akademis dari sekarang!

Aktif di Organisasi

Sudah merasa yakin bisa dapat beasiswa karena nilaimu bagus? Eits, jangan salah. Nilai bagus itu baru syarat awal. Diluar sana masih banyak yang lebih pintar dibanding kamu. Pintar saja tidak pernah cukup. Kamu harus punya sesuatu yang menarik untuk dijual ke pemberi beasiswa. Biasanya mereka akan mencari orang yang tidak hanya berprestasi, tapi juga aktif di organisasi. Orangorang yang aktif berorganisasi akan lebih dilirik para pemberi beasiswa karena dianggap bisa memanfaatkan ilmu yang didapat untuk kepentingan orang banyak.

Perdalam Kemampuan Berbahasa Asing

Setelah cukup mempersiapkan diri dalam bidang akademis dan non-akademis, kini saatnya kamu membuktikan bahwa kamu pasti survive di negara orang karena bisa menguasai bahasanya. Salah satu persayaratan beasiswa memang menuntutmu untuk meraih level tertentu dalam tes kemampuan bahasa asing. Tidak ada salahnya mengikuti kursus bahasa asing agar kemampuan berbahasamu semakin baik.

Curriculum Vitae (CV) Informatif

Para pemberi beasiswa akan tahu pengalaman dan pencapaianmu dengan melihat CV-mu. Dalam CV mereka akan mendapatkan gambaran bagaimana dirimu selama ini. Untuk membuat CV yang baik, kamu perlu cermat mencatatat kegiatan yang kamu ikuti dan prestasi-prestasi yang kamu dapatkan selama ini. Pastikan kamu membuat CV yang representatif tapi tetap informatif.

“Jual” Dirimu Lewat Motivation Letter

Langkah selanjutnya, kamu harus menyiapkan motivation letter. Tujuan dari surat ini adalah untuk menunjukkan mengapa kamu tertarik mengambil bidang studi yang kamu pilih dan memperlihatkan mengapa kamu layak mendapatkan beasiswa. Motivation letter ini adalah bagian krusial yang akan menentukan bagaimana kelanjutan lamaran beasiswamu. Untuk membuat motivation letter yang baik, kamu perlu tahu tentang jurusan yang akan kamu ambil. Yakinkan pemberi beasiswa bahwa kamu punya komitmen untuk memberikan yang terbaik sehingga layak menerima dana mereka. Yang paling penting, kamu harus punya passion terhadap bidang yang kamu pilih.

Berdoa dan Minta Restu Orangtua

Jika semua persiapan sudah matang, jangan lupa untuk selalu berdoa. Karena semua terjadi atas kehendak Tuhan, kita sebagai manusia hanya bisa mengupayakan yang terbaik. Hasilnya, pasrahkan pada Tuhan. Sekali mencoba apply beasiswa, belum tentu kamu akan berhasil.. Jangan lupa minta restu dari orangtua, karena setiap keberhasilan terdapat doa dan restu orangtua di dalamnya.

Hanifah Muthmainnah
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3007 seconds (0.1#10.140)