Kejar Beasiswa, Tingkatkan Kualitas Diri

Sabtu, 10 Januari 2015 - 14:25 WIB
Kejar Beasiswa, Tingkatkan Kualitas Diri
Kejar Beasiswa, Tingkatkan Kualitas Diri
A A A
Sebagai pelajar, mendapatkan pendidikan gratis merupakan prestasi membanggakan. Dana dan fasilitas bisa berasal dari beasiswa dalam negeri dan beasiswa luar negeri. Selain tidak memikirkan biaya pendidikan, masih banyak hal lain yang didapat dan bermanfaat bukan hanya untuk diri sendiri.

Seperti yang dilakukan oleh Dina Chaerani. Mahasiswi semester tiga ini aktif dalam berbagai beasiswa luar negeri. Beasiswa yang sering ia ikuti berupa beasiswa yang menyangkut kepentingan banyak orang. Menurutnya beasiswa bukan cuma studi yang berkaitan dengan gelar pribadi. “Beasiswa bukan hanya studi, melainkan ada beasiswa lain seperti konferensi yang bermanfaat untuk masyarakat luas,” ujar mahasiswi jurusan Bahasa Jerman Universitas Negeri Jakarta ini.

Menurutnya untuk mendapat beasiswa studi S1 di luar negeri sangatlah sulit. “Sertifikat kelulusan sekolah kita tidak diakui karena tidak standar di negara lain. Maka itu kita harus sekolah lagi satu tahun untuk penyetaraan sekaligus belajar bahasa negera yang dituju,” tambahnya. Dina banyak mendapatkan beasiswa non studi di dalam dan luar negeri.

Bermula dari situs yang dikunjungi, yakni Jscdiorda.or.id, Dina menjadi delegasi Indonesia untuk menjalankan program pemerintah bernama Jakarta Berlin Sister City di Jerman. Ia diutus Dinas Olahraga dan Kepemudaan Jakarta untuk menjalankan misi pada Bergmannstrasse festival di kampus Hochschule fur Technik und Wirtschaft (HTW) Jerman.

Di acara yang digelar Juni 2014lalu itu, ia memperkenalkan budaya Betawi Jakarta ke dunia Internasional. Ia bersama timnya mempersembahkan tarian Betawi Medley sekaligus menjalankan tiga misi, antara lain Art and Culture, Leadership, dan Entrepreneurship.

“Sangat menyenangkan bisa ke luar negeri gratis sekaligus memperkenalkan budaya sendiri ke orang di negara lain,” ujar perempuan berhijab ini. Langkah beasiswanya tidak berhenti sampai di situ. Baginya banyak keuntungan ketika ikut beasiswa non studi di luar negeri seperti visa, tiket pulang pergi, uang saku, akomodasi, dan sertifikat. “Selain jumlah program beasiswa yang tidak terbatas kita juga bisa terjun aktif dalam memberikan ide-ide dan memperjuangkan sesuatu,” ucapnya.

Pada juli lalu ia berangkat ke New York untuk menghadiri acara United Nations Youth Take Over The International Day Of The Girl. Ia membahas soal pendidikan bagi anak perempuan sekaligus memperingati Malala Day (Hari ulang tahun aktivis perempuan asal Pakistan bernama Malala). Karena itu sejak SMA Dina selalu aktif dalam lembaga NGO (Non Governmental Organization) bernama Plan Indonesia.

Beasiswa yang ia terima menyangkut kegiatan sosial. Yakni Program Ministrial Meeting on Civil Registration and Vital Statistics in Asia & the Pasific yang membahas masalah sosial terkait akte kelahiran dan pencatatan sipil se-Asia Pasifik. Disana Dina diskusi dengan delegasi setiap Negara se-Asia Pasifik.

Hasil diskusi langsung ia terapkan di Indonesia dalam membantu memperjuangkan hak sosial masyarakat sipil di daerah terpencil untuk mendapatkan pelayanan umum dengan baik. Kegiatan beasiswa lain seperti memberikan penyuluhan tentang perlindungan terhadap anakanak di Nusa Tenggara Timur. Ia menjadi anggota dewan penasihat muda yang dibentuk Plan Indonesia.

Ia mendapatkan beasiswa selama seminggu untuk menangani langsung dengan memberikan pengajaran anti bullyingpada tingkat SD dan SMP. “Selain bisa menambah pengetahuan dan mendapatkan teman banyak, beasiswa juga bisa meningkatkan kualitas diri.” Bagi Dina memburu beasiswa tidak berarti tanpa persiapan khusus.

Perlu kesiapan seperti kemampuan berbahasa inggris, pengalaman dibidangnya, paspor, dan terlebih mental yang baik dalam menghadapai setiap tantangan yang ada. Semangat menuntut ilmu harus terus ditanam dalam jiwa. Seperti kata pepatah tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri China.

Hadi setioko
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0237 seconds (0.1#10.140)