Pasukan Khusus Kebanggaan Indonesia

Rabu, 07 Januari 2015 - 11:20 WIB
Pasukan Khusus Kebanggaan Indonesia
Pasukan Khusus Kebanggaan Indonesia
A A A
Pencarian dan evakuasi pesawat AirAsia QZ8501 rute Surabaya-Singapura yang jatuh ke perairan Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Minggu (28/12) melibatkan banyak elemen, salah satunya pasukan khusus Angkatan Laut (AL) Komando Pasukan Katak (Kopaska). Selain Kopaska, Indonesia memiliki sejumlah pasukan khusus yang memiliki tugas dan kemampuan khusus masing-masing.

*7 Pasukan Khusus Indonesia

KOPASKA TNI-AL

Komando Pasukan Katak atau lebih dikenal dengan sebutan Kopaska didirikan 31 Maret 1962 oleh Presiden Soekarno untuk mendukung kampanye militer di Irian Jaya. Satu grup di Armada Barat di Jakarta, dan satu grup di Armada Timur di Surabaya.

Tugas utama mereka adalah menyerbu kapal dan pangkalan musuh, menghancurkan instalasi bawah air, penyiapan perebutan pantai dan operasi pendaratan kekuatan amfibi. Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) adalah sebuah detasemen pasukan khusus TNI AL yang merupakan gabungan antara personel Kopaska dan Taifib Korps Marinir TNI-AL.

KOPASUS TNI-AD

Komando Pasukan Khusus yang disingkat menjadi Kopassus adalah bagian dari Bala Pertahanan Pusat yang dimiliki oleh TNI ADyang memiliki kemampuan khusus seperti bergerak cepat di setiap medan, menembak dengan tepat, pengintaian, dan anti teror.

PASKHAS TNI-AU

Korps Pasukan Khas TNI Angkatan Udara (disingkat Korpaskhasau, Paskhas atau sebutan lainnya Baret Jingga), merupakan pasukan (khusus) yang dimiliki TNI-AU. Paskhas merupakan satuan tempur darat berkemampuan tiga matra: laut, darat, udara.

Dalam operasinya, tugas dan tanggungjawab Paskhas lebih ditujukan untuk merebut dan mempertahankan pangkalan udara dari serangan musuh, untuk selanjutnya menyiapkan bagi pendaratan pesawat kawan. Kemampuan ini disebut dengan Operasi Pembentukan dan Pengoperasian Pangkalan Udara Depan (OP3UD).

KOSTRAD TONTAIPUR

Peleton Intai Tempur (Tontaipur) merupakan satuan elite Kostrad terbaru, diresmikan pada tanggal 4 Agustus 2001. Sesuai kualifikasinya, Tontaipur akan diterjunkan untuk misi pengintaian jarak jauh ke wilayah musuh dan melakukan penghancuran terhadap sasaran-sasaran penting.

BATALYON RAIDER

Batalyon Raider adalah satu batalyon pasukan elit infanteri TNI. Raider adalah kualifikasi prajurit TNI yang dilatih untuk menguasai 3 kemampuan:
• Kemampuan sebagai pasukan anti-teroris untuk pertempuran jarak dekat.
• Kemampuan sebagai pasukan lawan gerilya dengan mobilitas tinggi.
• Kemampuan untuk melakukan pertempuran-pertempuran berlanjut (panjang).

DENSUS 88 ANTI TEROR

Detasemen Khusus 88 atau Densus 88 adalah satuan khusus Polri untuk penanggulangan teroris di Indonesia. Detasemen 88 dirancang sebagai unit antiteroris yang memiliki kemampuan mengatasi gangguan teroris mulai dari ancaman bom hingga penyanderaan.

KORPS BRIMOB

Brimob (Brigade Mobil) termasuk satuan elit dalam jajaran kesatuan Polri yang juga tergolong kedalam sebuah unit paramiliter ditinjau dari tanggungjawab dan lingkup tugasnya.

*10 Pasukan Elit Dunia

Navy Seal

(Amerika Serikat) US Navy Seal adalah pasukan elit Angkatan Laut Amerika Serikat yang memang dilatih dan ditugaskan untuk melakukan operasi tempur non konvensional, pertahanan dalam negeri, serangan langsung, kontraterorisme, dan operasi khusus lainnya.

JTF 2

(Kanada) Joint Task Force 2 (JTF2) adalah pasukan elit Angkatan Bersenjata Kanada yang bertugas secara khusus menangani operasi kontraterorisme.

Special Air Service (SAS)

(Inggris) Special Air Service (SAS) merupakan resimen pasukan elit Inggris Raya. SAS telah menjadi model untuk pasukan elit di banyak negara di dunia yang dilatih untuk melakukan misi tidak biasa beresiko tinggi. SAS membentuk sebuah bagian penting dalam Pasukan Khusus Britania Raya bersama dengan Special Boat Service (SBS), Special Reconnaissance Regiment (SRR), dan the Special Forces Support Group (SFSG).

KSK

(Jerman) KSK Komando Spezialkräfte (Komando Pasukan Khusus, KSK) merupakan elit pasukan khusus satuan militer angkatan bersenjata Jerman. Satuan khusus ini dipilih dari jajaran Jerman Bundeswehr dan bekerja di bawah kendali Divisi Spezielle Operationen (Divisi Operasi Khusus, DSO).

1er Resimen de Parachutistes d'Infantri de Marine

(Prancis) st Marinir Infanteri Resimen Parasut (1er RPIMa) adalah salah satu dari tiga resimen di Pasukan Khusus Angkatan Darat Prancis Brigade (Bfst). 1er RPIMa adalah salah satu pasukan khusus paling berpengalaman di Eropa.

Sayeret Matkal

(Israel) Sayeret Matkal merupakan pasukan elit Angkatan Pertahanan Israel yang ditugaskan melakukan berbagai misi seperti pengintaian, kontra-terorisme dan penyelamatan penyanderaan.

Black Cat Commandos/NSG

(India) National Security Guard (NSG) adalah salah satu dari delapan satuan khusus di Angkatan Bersenjata India. Satuan ini ditugaskan memerangi kegiatan teroris dam menjaga keamanan dalam negeri

Kopassus

(Indonesia) Kopassus atau Komando Pasukan Khusus adalah pasukan elit TNI Angkatan Darat yang dibentuk pada 16 April 1952. Kopassus memiliki kemampuan khusus seperti bergerak cepat di setiap medan, menembak dengan tepat, pengintaian, dan anti teror. Kopassus sering ditugas untuk melakukan misi aksi langsung, misi tidak biasa, sabotase, anti terorisme, dan pengumpulan data intelijen.

Spetsnaz

(Rusia) Special Force Resimen Rusia atau Spetsnaz, adalah pasukan khusus Rusia di bawah subordinasi Dinas Keamanan Federal (FSB) dan dibawah control dinas intelijen militer Rusia.

707th Special Mission Battalion

(Korea Selatan) 707 Batalyon Khusus Misi adalah pasukan khusus satuan dalam Angkatan Darat Korea Selatan Prajurit unit ini - dibedakan oleh baret hitam dan mendapat tugas melakukan misi kontra teroris perkotaan dan kekuatan reaksi cepat Angkatan Darat untuk keadaan darurat.

*Militer Ri No 9 Di Asia Pasifik

1.Rusia, Power Index: 0,2355
2.China, Power Index: 0,2594
3.India, Power Index: 0,3872
4.Turki, Power Index: 0,5171
5.Korea Selatan, Power Index: 0,5536
6.Jepang, Power Index: 0,5581
7.Pakistan, Power Index: 0,7369
8.Taiwan, Power Index: 0,7564
9.Indonesia, Power Index: 0,8008
10.Australia, Power Index: 0,8253
11.Vietnam, Power Index: 0,8962
12.Thailand, Power Index: 0,9287
13.Korea Utara, Power Index: 1,2893
14.Filipina, Power Index: 1,3042
15.Malaysia, Power Index: 1,3143
16.Singapura, Power Index: 1,4699
17.Uzbekistan, Power Index: 1,5309
18.Azerbaijan, Power Index: 1,5864
19.Bangladesh, Power Index: 1,6281
20.Georgia, Power Index: 1,7848
21.Mongolia, Power Index: 2,2401
22.Afghanistan, Power Index: 2,3071
23.Nepal, Power Index: 2,3242
24.Kazakhstan, Power Index: 2,3557
25.Kamboja, Power Index: 2,5798
26.Selandia Baru, Power Index: 2,5907
27.Sri Lanka, Power Index:2,5918
28.Laos, Power Index: 3,7683

*Aksi Heroik Pasukan Elit Dunia

Pembebasan sandera OPM oleh Kopassus

Organisasi Papua Merdeka (OPM) menyandera sekelompok ilmuwan Tim Ekspedisi Lorentz di belantara Papua. Awalnya TNI berusaha membebaskan dengan cara persuasif, tetapi perundingan buntu. TNI pun menggelar operasi militer dengan mengerahkan Kopassus. Akhirnya dalam baku tembak itu, TNI berhasil membebaskan sandera.

Pembebasan penyanderaan pesawat di Uganda oleh pasukan khusus Israel Sayeret Matkal

27 Juni 1976 sebuah pesawat Airbus milik Air France, sebagian besar berpenumpang warga negara Israel dibajak ketika berada di atas udara Eropa. Operasi pembebasan dilakukan saat pesawat transit di Uganda. Dalam operasi ini aksi saling tembak terjadi. Hasilnya seorang tentara Israel, 45 tentara Uganda, enam penyandera tewas namun 100 orang sandera bebas.

Penyelamatkan pembajakan kapal kargo oleh pasukan khusus Korea

Pemerintah Korea merespon cepat aksi pembajakan kapal kargo Hanjin Tianjin dan 20 orang krunya dari para perompak Somalia pada 20 Januari 2011. Ketika itu Korea Selatan langsung mengirim kapal perusak Young Choi, yang berada sekitar 540 km dari lokasi. Setelah 14 jam, kapal Frigat milik Unit Komando Korea berhasil memasuki kapal dan memastikan serta mengamankan situasi.

Memburu teroris di Taj Mahal oleh pasukan elit India Black Cat

Aksi teroris terjadi Hotel Taj Mahal di Mumbai, India pada November 2008. Pasukan komando elit India, Black Cat, diturunkan untuk menghentikan aksi terorisme itu. Perlu waktu hampir 60 jam untuk bertarung dalam pertempuran heroik jarak pendek dari kamar ke kamar di Hotel Taj Mahal untuk membebaskan sandera.

Pembebasan sandera di kedutaan Iran oleh SAS

Enam orang bersenjata menyerbu kedutaan Iran di South Kensington, London, Inggris pada 30 April 1980. Akhirnya pemerintah Inggris memerintahkan Special Air Service (SAS), menyelamatkan para sandera. Selama 17 menit serangan, SAS menyelamatkan semua sandera dan menewaskan lima dari enam teroris.

Penangkapalan Osama Bin Ladin oleh Navi SEAL

Salah satu operasi Seal yang fenomenal ketika mereka berhasil membunuh pimpinan Al Qaedah, Osama Bin Laden, pada 1 Mei 2011 di Abbottabad, Pakistan.

Sumber : Diolah dari berbagai sumber & Litbang KORAN SINDO
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3630 seconds (0.1#10.140)