Gunung Slamet Masih Siaga

Jum'at, 02 Januari 2015 - 10:17 WIB
Gunung Slamet Masih Siaga
Gunung Slamet Masih Siaga
A A A
PEMALANG - Aktivitas vulkanik Gunung Slamet hingga kini masih belum stabil. Meski demikian, tim dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) tidak lagi bersiaga di pos pengamatan Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

“Tim PVMBG sudah tidak ada yang stand by di sini (pos pengamatan), hanya sekali-kali ke sini terakhir kemarin hari Senin-Rabu di sini,” ujar Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Slamet, Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Sudrajat kemarin. Pengamatan terhadap aktivitas Gunung Slamet tetap berjalan seperti biasa meskipun sudah tidak ada lagi tim dari PVMBG yang bersiaga di pos pengamatan.

Hasil pengamatan dilaporkan ke kantor PVMBG tiap enam jam sekali. “Kita terus ikuti dan amati perkembangan aktivitasnya. Laporan data pengamatansetiapenamjamkami kirim ke pusat,” kata Sudrajat. Sebelumnya, saat Gunung Slamet dinaikkan statusnya menjadi siaga pada 12 Agustus 2014, PVMBG langsung menerjunkan tim untuk bersiaga di pos pengamatan.

Humas SAR Tegal-Slawi (Galawi) Rescue Arif Rahman mengatakan, tim SAR gabungan masih terus disiagakan di jalur pendakian ke Gunung Slamet untuk mengantisipasi adanya pendaki yang nekat melakukan pendakian. Menurut Arif, kondisi di puncak Gunung Slamet masih berbahaya untuk aktivitas pendakian. “Kami hanya mencegah para pendaki agar tidak ke puncak,”ujar Arif.

Farid firdaus
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4546 seconds (0.1#10.140)