Pedagang Tidak Ditarik Retribusi

Kamis, 01 Januari 2015 - 11:12 WIB
Pedagang Tidak Ditarik Retribusi
Pedagang Tidak Ditarik Retribusi
A A A
SOLO - Pemerintah Kota Solo akan segera membangun pasar darurat bagi para pedagang Pasar Klewer. Rencananya, Pemerintah Kota Solo tidak menarik retribusi selama mereka berjualan di pasar darurat itu.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo menyebutkan, pasar darurat itu bakal dibangun di Benteng Vastrenburg Solo. Hal itu sesuai dengan rencana awal yang digagas Pemerintah Kota Solo sesaat setelah kebakaran melanda Pasar Klewer akhir pekan lalu. Pembangunan pasar darurat itu seiring cairnya anggaran bencana.

Pria yang akrab disapa Rudy itu menyebutkan biaya untuk membangun pasar darurat itu senilai Rp28 miliar. Nantinya pasar yang dibangun akan dilengkapi dengan sistem keamanan, sehingga para pedagang bisa menyimpan barang dagangan mereka di lokasi pasar darurat dengan aman.

Rudy juga menyebutkan, selama berada di pasar darurat, para pedagang akan dibebaskan dari biaya retribusi. Hal itu dilakukan karena pendapatan para pedagang selama berada di pasar darurat belum bisa diprediksi. Pembebasan biaya retribusi itu nantinya bakal berlangsung selama setahun penuh atau selama Pasar Klewer selesai direvitalisasi. Dengan kebijakan itu Pemerintah Kota Solo menghapus retribusi Pasar Klewer dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun ini.

Padahal, menurutnya target pendapatan dari pasar itu senilai Rp3,5 miliar selama setahun. ”Kondisinya sedang tidak memungkinkan sehingga lebih baik retribusi itu dihapuskan terlebih dulu,” ucap Rudy. Sementara itu, pemindahan lokasi dagang ke pasar darurat itu belum sepenuhnya diterima para pedagang. Mereka yang biasanya berjualan di pasar sisi timur tidak mau berpindah ke lokasi pasar darurat karena pasar timur masih layak untuk digunakan.

Arief setiadi
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6588 seconds (0.1#10.140)