Salju Kacaukan Eropa

Selasa, 30 Desember 2014 - 09:37 WIB
Salju Kacaukan Eropa
Salju Kacaukan Eropa
A A A
PARIS - Hujan salju kemarin melumpuhkan sebagian Eropa. Salju menyebabkan bencana dan gangguan perjalanan. Musibah menjelang perayaan pergantian tahun membuat masyarakat Eropa waspada.

Sejauh ini, 15.000 orang terjebak di pegunungan Alpen, Prancis. Itu membuat para wisatawan tidak pergi ke resor ski untuk menghabiskan liburan akhir tahun. Di Inggris, ribuan warga tidak mendapatkan aliran listrik. Salju juga mengakibatkan penundaan penerbangan dan kemacetan lalu lintas di berbagai penjuru Eropa. Otoritas Savoie, tenggara Prancis mengungkapkan, hampir 15.000 orang terpaksa menginap di lokasi perlindungan darurat.

Ribuan orang lainnya terpaksa menginap di dalam mobil yang tak dapat bergerak akibat salju. “Membutuhkan waktu 10 jam untuk perjalanan 130 kilometer,” kata salah seorang warga, Kevin Clavel, dikutip AFP. Clavel bersama empat penumpang lain terjebak di dalam mobil selama hampir puluhan jam akibat salju.

Hujan salju juga mengakibatkan kondisi buruk bagi para pemain ski. Mereka tidak dapat bermain ski karena temperatur yang tidak bersahabat. Salju longsor juga menjadi ancaman terberat. Pada Minggu (28/12) lalu, satu orang tewas akibat terkubur hujan salju di Pegunungan Alpen. Kondisi hujan es juga menyebabkan kematian seorang yang berusia 27 tahun di mana mobilnya jatuh ke jurang di pegunungan Belledonne.

Seperti dilansir media Prancis, Le Monde, tiga orang meninggal akibat hujan salju. Pemerintah Prancis memperingatkan para pengemudi untuk tidak mengambil risiko mengingat cuaca ekstrem bisa menimbulkan bahaya. Pemerintah mengimbau agar warga tetap tinggal di rumah. “Pemerintah menyarankan masyarakat untuk menunda perjalanan,” kata Menteri Dalam Negeri Prancis Bernard Cazeneuve, dikutip AFP.

Badan Klimatologi Prancis memperkirakan hujan salju akan terus berlanjut pekan depan. Kemudian, AccuWeather memprediksi ketinggian salju di Eropa selatan mencapai 20 hingga 30 cm. Badai salju juga mengakibatkan 100.000 rumah tidak mendapatkan aliran listrik di Inggris. Sejumlah jadwal penerbangan di Inggris juga mengalami penundaan.

Sedikitnya 500 rumah di Midlands Timur dan 300 rumah di Devon mengalami pemadaman listrik. Western Power Distribution melaporkan, 36.000 pelanggannya tidak mendapatkan pasokan listrik. Banyak warga yang meninggalkan mobilnya di jalanan karena terjebak salju. Puluhan orang yang bepergian dari Sheffield hingga London terpaksa menginap di gereja.

Di bagian utara Inggris, ketinggian salju mencapai 11 cm. Di Jerman, hujan salju mengakibat serangkaian kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan kemacetan hingga puluhan kilometer. Ketinggian salju di selatan dan barat Jerman mencapai 10 cm. Di bandara Frankfurt, 20 pesawat ditunda penerbangannya karena landasan terbang yang dipenuhi salju.

Di Italia, separuh dari wilayah negara itu mengalami hujan salju. Sedangkan di Slovenia, sebuah truk terguling mengakibatkan satu orang tewas dan empat orang lain terluka. Kecelakaan akibat salju lainnya juga melibatkan 50 mobil.

Andika hendra m
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4282 seconds (0.1#10.140)