KPU Anugerahi BJ Habibie Lifetime Achievement Award

Senin, 29 Desember 2014 - 23:57 WIB
KPU Anugerahi BJ Habibie Lifetime Achievement Award
KPU Anugerahi BJ Habibie Lifetime Achievement Award
A A A
JAKARTA - Presiden ketiga Indonesia BJ Habibie mendapat penghargaan sepanjang masa atau Lifetime Achievement Award dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Habibie dianggap berjasa atas proses Pemilihan Umum 1999 dan menjadi tokoh yang menginspirasi penyelenggara pemilu selanjutnya untuk melaksanakan pemilu yang jujur dan adil.

"Beliau adalah sosok yang bisa menginspirasi penyelenggara pemilu, maupun semua yang menjadi pemerhati pemilu secara khusus dan demokrasi secara umum," ujar Ketua KPU Husni Kamil Manik saat menyambangi kediaman Habibie di Jalan Patra Kuningan, Jakarta, Senin (29/12/2014).

Proses penetapan nominasi penghargaan ini telah dilaksanakan sejak pertengahan Desember 2014.

Dari sekian banyak tokoh nasional yang masuk nominasi, kata dia, hanya Habibie dan Wakil Presiden Pertama M Hatta yang mendapatkan penghargaan yang diklaim KPU sebagai yang pertama tersebut.

"Kami mendiskusikan di internal KPU, sebelum akhirnya memberikan penghargaan ini karena tidak mudah memutuskan memberi satu apresiasi pada sosok pribadi," tutur Husni.

Dia berharap pria yang saat ini menginjak usia 78 tahun itu bisa menyumbangkan pemikirannya untuk kemajuan demokrasi di Indonesia, khususnya yang berkaitan dengan kepemiluan.

"Beliau sampaikan akan memberi sumbangsih pemikiran kepada KPU, dengan menulis artikel yang nanti akan disumbangkan, dikembangkan lagi untuk penyempurnaan tata kelola pemilu di Indonesia," tuturnya.

Dian ramdhani
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7345 seconds (0.1#10.140)