Fokus di Mixed-Used Properti Komersial

Senin, 29 Desember 2014 - 13:51 WIB
Fokus di Mixed-Used Properti Komersial
Fokus di Mixed-Used Properti Komersial
A A A
Bisnis properti sangat menguntungkan di Indonesia. Hal ini bisa terlihat dari menjamurnya berbagai pusat perbelanjaan yang dipadukan dengan apartemen di berbagai daerah. PT Ciputra Property Tbk (CTRP) pun tak mau ketinggalan.

Saat ini, CTRP termasuk sebagai pengembang mixed-used properti komersial terbesar di Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan mengoperasikan lima unit usaha yaitu Mal dan Hotel Ciputra (Jakarta dan Semarang), dan Ciputra World Jakarta yang sedang dalam tahap pembangunan. Ciputra World Jakarta merupakan superblok yang terdiri dari mal, perkantoran, hotel bintang lima, apartemen dan apartemen premium.

Perusahaan properti ini tercatat di Bursa Efek Indonesia dengan melepas saham ke publik sebesar 49%. Pada 2015, CTRP mengalokasikan dana Rp3,8 triliun untuk pengembangan tiga proyek anak usaha Ciputra Group. Di antaranya adalah pembangunan dua menara apartemen dan satu gedung kantor di Ciputra International sebesar Rp1,5 triliun. Kemudian, 1 gedung perkantoran di Ciputra World Jakarta I sebesar Rp1,3 triliun, dan resort Rosewood Hotel and Villas di Bali senilai Rp1 triliun.

Dengan adanya tiga proyek tersebut, CTRP menargetkan pertumbuhan kinerja sebesar 15% pada tahun depan. Maka diperkirakan pendapatan pra penjualan dapat mencapai Rp1,26 triliun pada 2015. Melalui laman resminya, hingga September 2014, laporan keuangan CTRP menunjukkan pendapatan usaha mencapai Rp1,1 triliun, dan laba usaha Rp429,5 miliar.

Saat ini, CTRP melalui anak perusahaannya PT Ciputra Puri Trisula, sedang fokus dalam pengembangan Ciputra International. Proyek yang berdiri di atas lahan seluas 7,4 ha ini terletak di Jalan Lingkar Luar Barat. Jalan ini berdekatan dengan kawasan Puri yang merupakan kawasan Sentra Primer Barat.

“Kami melihat pertumbuhan kegiatan ekonomi di kawasan ini yang cukup signifikan dengan tingkat daya serap pasar yang kuat, ini yang menjadi alasan yang melatarbelakangi kami untuk mengembangkan Ciputra International,” kata Direktur Ciputra Group Artadinata Djangkar.

Kinerja yang baik membuat CTRP mendapatkan beberapa penghargaan seperti Integrated Superblock at Golden Triangle CBD Award dan Golden CEO of the Year 2013. Selain itu, proyek Ciputra World Jakarta meraih penghargaan bergengsi dari Indonesia Property & Bank Awards 2014 untuk kategori superblok dengan penghargaan “The Most Prestigious Superblock with an Array of World- Class Top Brands”.

CTRP telah mendapatkan lima penghargaan Stars untuk kategori Best Mixed-use Development Indonesia melalui berbagai macam proyeknya.

Dina Angelina
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6261 seconds (0.1#10.140)