George Bush Senior Dilarikan ke Rumah Sakit

Kamis, 25 Desember 2014 - 12:59 WIB
George Bush Senior Dilarikan ke Rumah Sakit
George Bush Senior Dilarikan ke Rumah Sakit
A A A
Mantan presiden Amerika Serikat (AS) George Herbert Walker Bush, 90, tengah menjalani perawatan intensif di rumah sakit Texas karena menderita sesak napas.

Juru bicara keluarga Bush belum bisa memastikan penyebab pasti penyakit yang diderita sosok yang memimpin AS pada periode 1989-1993 ini. Presiden ke-41 AS ini terpaksa dilarikan dengan ambulans ke Rumah Sakit Methodist Houston setelah mengalami sesak napas pada malam sebelumnya.

“Mantan Presiden Bush masih harus menjalani perawatan lebih lanjut. Hal ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan,” jelas pernyataan juru bicara keluarga Bush, dilansir Channel News Asia. Sebelum menduduki kursi nomor satu di AS, Bush yang lahir di Massachusetts, 12 Juni 1924 memegang jabatan wakil presiden ke-43 AS periode 1981-1989.

Bush menempa pengalaman politiknya dengan menjadi anggota kongres, duta, dan direktur badan intelijen rahasia (CIA). Untuk membedakan dengan anaknya yang juga pernah menjabat sebagai presiden, alumnus Yale University ini kerap dipanggil dengan sebutan “George HW Bush”, “Bush 41”, “Bush Tua”, Bush I, atau “George Bush, Sr.” Kisah hidup Bush sangat berliku dan menginspirasi banyak orang.

Pada hari ulang tahunnya ke-18, dia mendaftar sebagai anggota Angkatan Laut AS, sesaat setelah terjadi serangan Pearl Harbor pada 1941. Saat itu dia menjadi penerbang termuda di Angkatan Laut AS. Ayah enam anak ini baru menempuh pendidikan universitas ketika Perang Dunia II berakhir, dan lulus dari Yale University pada 1948.

Setelah itu Bush dan keluarganya pindah ke West Texas. Di sana dia menggeluti bisnis minyak dan berhasil menjadi jutawan pada usia 40. Suami dari Barbara Bush ini baru terlibat dalam politik setelah mendirikan perusahaan minyak sendiri. Dia mengawali karier di politik dengan menjadi anggota DPR dan direktur CIA. Pada 1980 dia maju sebagai nominasi calon presiden dari Partai Republik namun gagal.

Dia kemudian terpilih menjadi wakil presiden mendampingi Ronald Reagan. Pada pilpres 1988 Bush mengalahkan lawannya dari Partai Demokrat, Michael Dukakis. Pada periode berikutnya (1992), diadikalahkanBillClinton dari Partai Demokrat. Putra sulung Bush, George W. Bush, akhirnya bisa meneruskan posisi ayahnya sebagai presiden AS periode 2001-2009 setelah era Clinton.

Rini agustina
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.9356 seconds (0.1#10.140)