Amankan Misa, Polisi Mulai Sisir Gereja

Rabu, 24 Desember 2014 - 14:14 WIB
Amankan Misa, Polisi...
Amankan Misa, Polisi Mulai Sisir Gereja
A A A
JAKARTA - Aparat kepolisian yang dikerahkan dalam Operasi Lilin 2014 mulai menyisir gerejagereja yangakandigunakanumat Kristiani untuk menjalankan Misa Natal.

Sterilisasi untuk memastikan ibadah dan perayaan Natal berjalan aman dan lancar. ”Penyisiran dilakukan H-2, H-1, atau paling lambat tiga jam sebelum ibadah dimulai, tergantung kebutuhan gereja,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto di Jakarta kemarin. Polisi dalam kondisi siaga penuh mengamankan Natal sekaligus perayaan Tahun Baru.

Khusus pengamanan gereja, aparat Polda Metro Jaya dan petugas gabungan memberikan perhatian khusus terhadap gereja-gereja yang dinilai rawan dari gangguan. Sebanyak 45 gereja, tersebar di DKI Jakarta, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Depok, Kepulauan Seribu, dan Kota/Kabupaten Bekasi.

Sementara itu Kapolri Jenderal Polisi Sutarman meminta seluruh petugas yang dikerahkan dalam Operasi Lilin 2014 dapat mengemban tugasnya dengan disiplin dan penuh tanggung jawabsehinggacapaiantahunini bisa lebih baik dari tahun lalu. Dalam operasi yang akan berlangsung selama 10 hari itu Sutarman mengingatkan jajarannya agar menunjukkan sikap yang humanis dan simpatik kepada masyarakat.

”Tunjukkan sikap dan tindakan yang humanis agar semakin meneguhkan jati diri Polri sebagai sosok penolong, pelayan, dan sahabat masyarakat,” kata Kapolri saat memimpin apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin 2014 kemarin. Operasi Lilin 2014 akan digelar sejak 24 Desember 2014 hingga 2 Januari 2015, melibatkan 165.337 personel gabungan yang terdiri dari atas 80.560 anggota Polri, 19.581 anggota TNI serta 65.196 orang dari berbagai instansi dan mitra kamtibmas.

Para petugas tersebut akan ditempatkan pada 1.767 pos pengamanan dan 603 pos pelayanan di berbagai wilayah di Indonesia. Berdasarkan tingkat kerawanan daerah, OperasiLilin2014dibagi atas 12 polda sebagai prioritas 1 dan 19 Polda sebagai prioritas 2. Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Hendro Pandowo menambahkan, ada 153 gereja yang menjadi fokus pengamanan di Jakarta Pusat.

Tersebar di Gambir, Kemayoran, Tanah Abang, Cempaka Putih, Sawah Besar, Menteng, Senen, dan Johar Baru. Dari jumlah itu, petugas memberi prioritas pada enam gereja besar, antara lain gereja Katedral, Imanuel, danTheresia.

”Sebanyak 156 petugas gabungan akan ditempatkan di gereja Katedral, sedangkan 100 petugas ditempatkan di gereja Imanuel. Pengamanan Natal gereja tersebut akan menyebar anggota yang berseragam dan berpakaian bebas,” katanya. Komandan Distrik Militer (Dandim) Jakarta Pusat, Letnan kolonel (Letkol) Edwin, mengatakan pihaknya diperbantukan menjaga pengaman gereja menjelang Natal dengan mengerahkan 250 petugas.

Helmi syarif/Ridwansyah
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4739 seconds (0.1#10.140)