Tahun Baru, Jalur Puncak Ditutup

Rabu, 24 Desember 2014 - 14:04 WIB
Tahun Baru, Jalur Puncak Ditutup
Tahun Baru, Jalur Puncak Ditutup
A A A
BOGOR - Jalur Puncak, Bogor akan ditutup selama 12 jam mulai pukul 18.00 WIB, Rabu (31/12) hingga pukul 06.00 WIB, Kamis (1/1/2015). Kebijakan ini sebagai antisipasi kemacetan parah saat malam pergantian tahun.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor AKP Bramastyo Priaji mengatakan, penutupan arus kendaraan ke Puncak hanya berlaku bagi kendaraan roda empat. Sedangkan sepeda motor masih diizinkan untuk melintas. ”Kendaraan roda empat yang menuju Puncak atau Cipanas, kita alihkan lewat Jonggol atau Sukabumi,” katanya kemarin.

Sosialisasi penutupan jalur Puncak dilakukan lewat spanduk, media cetak dan elektronik, serta pengumuman lewat running text milik PT Jasamarga. Running textdipasang di tiga lokasi sepanjang Jalan Tol Jagorawi yaitu di Km 3 Cawang, Km 11 Cibubur, dan Km 38 Sentul. Petugas juga memasang plang pengumuman di GT Cibubur, Sentul Selatan, dan depan Pos Polingga Gadog.

Untuk mengatur arus lalu lintas, Polres Bogor menerjunkan 200 personel ditambah petugas dari Polsek Cisarua, Megamendung, dan Ciawi. ”Penutupan juga berlaku untuk kendaraan dari arah Cianjur yang akan menuju Puncak. Penutupan akan dilakukan oleh Polres Cianjur,” sebutnya. Kapolres Bogor AKBP Sonny Mulvianto Utomo mengatakan, untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru 2015, Polres Bogor mengerahkan 2/3 personel atau sekitar 1.300 anggota. ”Ditambah dari Polda Jawa Barat sebanyak 300 personel,” terangnya.

Konser di Ancol

Di bagian lain, PT Pembangunan Jaya Ancol dan MNC TV siap menggelar konser bertajuk ”Ancol Luar Biasa”. Konser tersebut diselenggarakan dua hari secara berturut-turut hingga malam pergantian tahun. Event ini terbagi dalam dua tema yakni panggung ”Ekspresi Cinta” dan ”Resolusi 2015”.

Semua konser tersebut mulai digelar pukul 21.00 hingga pukul 01.00 pada Selasa (30/12) dan Rabu (31/12). Panggung ”Ekspresi Cinta” menampilkan sejumlah artis papan atas seperti Last Child, The Virgin, Trio Macan, Ayu Ting Ting, Imey Mey, Duo Anggrek, RGG, dan Limbad dengan hostDenny Cagur serta Dede.

Sedangkan panggung ”Resolusi 2015” menampilkan raja dangdut Rhoma Irama, Rita Sugiarto, Armada, JenitaJanet, Selfi Nafilah, 2 Racun Youbi Sister, Bagindaz, dan Oge Arthemus dengan host Ussy Sulistyowati, Andika Pratama, serta Dede. Production Head MNC TV Yoyon Ukrawinata optimistis dua konser itu mampu menjadi fokus masyarakat saat malam pergantian tahun karena kehadiran Rhoma Irama dan Rita Sugiarto.

”Kami yakin bisa mengalahkan kompetitor kami yang juga sama-sama menggelar konser di Ancol. Maka itu, kami harapkan pengunjung dapat tertib sehingga konser berjalan lancar,” ungkapnya. Direktur Eksekutif MNC TV Marah Bangun mengaku, pihaknya total dalam membuat konser menjadi menarik. Dia yakin melalui konser ini kian meyakinkan masyarakat bahwa MNC TV menjadi kiblat dangdut Indonesia.

”Ke depan MNC TV akan selalu di hati. Kiblat dangdut akan kembali ke kami sebagai rumah dangdut,” ucapnya. Ancol juga menggelar pesta kembang api di tiga titik yaitu Pantai Beachpool, Pantai Karnaval, dan Danau Monumen tepat pukul 24.00 WIB saat malam pergantian tahun. Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol Teuku Sahir Syahali mengungkapkan, sebagai antisipasi pengunjung membeludak, pihaknya membuka 105 loket, terdiri atas 27 loket mobil, 40 loket motor, dan 38 loket pejalan kaki.

”Sejumlah tempat parkir kami siapkan untuk menampung 11.000 mobil dan 11.000 motor,” sebutnya. Wakil Kepala Polres Jakarta Utara AKBP Asep Adi Saputra menuturkan, pihaknya akan membangun tiga pos sebagai antisipasi aksi kriminalitas. ”Kami juga akan menyebarkan anggota baik berseragam maupun tidak untuk menjaga kondusivitas saat acara digelar,” tuturnya.

Haryudi/Yan yusuf
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5326 seconds (0.1#10.140)