Lalu Lintas Pantura Macet di Sejumlah Titik

Senin, 22 Desember 2014 - 12:53 WIB
Lalu Lintas Pantura Macet di Sejumlah Titik
Lalu Lintas Pantura Macet di Sejumlah Titik
A A A
PURWAKARTA - Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, arus lalu lintas di jalur Pantura Jawa tampak ramai dengan didominasi kendaraan pribadi. Kepadatan arus lalu lintas mulai terasa di pintu keluar tol Cikampek menuju Simpang Jomin.

Dari pantauan KORAN SINDO kemarin, ruas Cikopo tampak macet. Untuk keluar sampai pertigaan Jomin menuju jalur pantura, kendaraan menghabiskan waktu lebih dari 30 menit. Kemacetan kian sulit terurai karena di ruas itu ada perbaikan jalan. Beberapa titik kemacetan lain lain adalah di Subang dan Bulakamba Brebes. Di Kota Semarang, perbaikan jalan kawasan Mangkang juga memicu macet panjang hingga pintu tol Krapyak.

Di perbatasan Kabupaten Indramayu mengarah Cirebon, arus lalu lintas lebih padat dari biasanya. Sejumlah jalan alternatif seperti dari Balongan menuju Celencang persimpangan Kerucuk juga ramai. Kendaraan roda empat cukup mendominasi dibandingkan sepeda motor dan bus rombongan “Setelah libur sekolah mulai ramai,” kata Brigadir Asep, salah seorang petugas pengatur lalu lintas di perbatasan Indramayu-Cirebon, kemarin. Kepadatan kendaraan terlihat sejak Sabtu (20/12) dan diperkirakan akan terus bertambah.

Di Sumatera Utara, menjelang Natal dan Tahun Baru 2015, Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) H Adam Malik/By Pass Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu hingga kemarin masih terlihat lengang. “Masih lengang dan belum terlalu terlihat pemudik ada yang melintas di Jalinsum khususnya di Rantauprapat,” kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Pemkab Labuhanbatu Saipul.

Di Jakarta, PT KAI menambah tujuh armada kereta untuk mengantisipasi membeludaknya penumpang saat libur Natal dan Tahun Baru. Kahumas PT KAI Daerah Operasi 1 Jakarta, Agus Komarudin mengatakan, di dua hari besar tersebut permintaan pasar akan penggunaan jasa kereta api diprediksi akan mengalami pembeludakan penumpang. “Ditambah memasuki hari libur pula,” ujarnya.

Sementara penumpang angkutan udara di bandara Frans Kaisiepo Kabupaten Biak Numfor, Papua menjelang H-4 hari raya Natal 25 Desember 2014 sudah mengalami peningkatan dibanding biasanya. Berdasarkan data lonjakan penumpang pesawat udara dari Bandara Frans Kaisiepo, jumlah penumpang biasanya berkisar 100-an. Namun hingga H-4 angkutan pesawat udara mencapai 150-200-an penumpang.

Hakim/ant
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.1939 seconds (0.1#10.140)