Muhammad Ali Dilarikan ke Rumah Sakit

Senin, 22 Desember 2014 - 11:56 WIB
Muhammad Ali Dilarikan ke Rumah Sakit
Muhammad Ali Dilarikan ke Rumah Sakit
A A A
NEW YORK - Legenda tinju kelas berat dunia Muhammad Ali dilarikan ke rumah sakit karena mengalami pneumonia (radang paru-paru), Sabtu (20/12) waktu setempat. Ali dikabarkan berada dalam kondisi stabil. Juru bicara Ali, Bob Gunnell, mengatakan bahwa kondisi petinju berusia 72 tahun itu tidak perlu dikhawatirkan karena sudah mendapat kan perawatan tim medis.

“Penyakitnya diketahui awal, setelah dia sempat mengeluh. Sejauh ini pro g nosisnya baik sehing ga kemungkinan tidak akan lama di rumah sakit,” kata Gunnell seperti dikutip espn kemarin. Gunnell sendiri menolak menyebutkan nama rumah sakit tempat Ali dirawat karena alasan permintaan keluarga demi mendapatkan privasi.

“Tidak ada yang bisa disampaikan lebih lanjut karena ini permintaan keluarga Ali. Mereka membutuhkan privasi,” tambahnya. Dalam beberapa tahun terakhir, aktivitas petinju yang dijuluki The Greatest itu mulai menurun. Kegiatan di hadapan publik dibatasi karena dia masih ber juang melawan penyakit parkinson yang menyerangnya dalam 20 tahun terakhir.

Parkinson adalah penyakit de genera tif yang mengganggu kerja sis tem syaraf pusat itu muncul akibat pukulan-pukulan kekepalanya saat aktif bertinju. Meski begitu, Ali masih tampil di depan umum dalam beberapa momen, seperti ketika ambil bagian dalam upacara pem bukaan Olimpiade di London pada 2012.

Dia juga muncul di depan publik pada September 2014 di kota kelahirannya, Louisville, untuk acara kemanusiaan Muhammad Ali Awards . Hanya, saat itu petinju yang menjalani 61 pertarungan dengan rekor 56 kemenangan (37 di antaranya dimenangkan dengan KO) dan lima kali kalah itu tidak berbicara kepada banyak orang.

Dia hanya melakukan foto bersama penerima peng hargaan termasuk mantan bintang NFL Jim Brown serta pemain NBA Bill Russell. Saat itu kepada media, Brown mengaku berkata kepada Ali “Kau terbesar sepanjang masa.” Setelah itu, pertengahan Oktober media Inggris sempat memberitakan kondisi Ali mem buruk. Salah satu saudara Ali, Rahman Ali, menyebutkan kondisi petinju yang terlahir dengan nama Cassius Marcellus Clay tersebut sempat tidak bisa diajak berkomunikasi.

Tiga gelar tinju dunia diraih Ali pada 1964 1974, dan 1978. Gelar tinju kelas berat pertama diraih pada usia 22 tahun, 39 hari setelah mengalahkan Sonny Liston dengan TKO pada ronde ke-7. Gelar kedua dengan mengalahkan George Foreman pada 1974, dan pada 1978 saat pertarungan kedua melawan Leon Spinks dengan ke menangan angka.

Ma’ruf
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3818 seconds (0.1#10.140)