Jembatan Terpopuler di Indonesia

Kamis, 18 Desember 2014 - 15:42 WIB
Jembatan Terpopuler di Indonesia
Jembatan Terpopuler di Indonesia
A A A
Jembatan merupakan sebuah sarana penghubung untuk memudahkan mobilitas masyarakat. Di Indonesia, beberapa jembatan tidak sekedar berperan sebagai penghubung, melainkan juga sebagai ikon sebuah daerah. Jembatan-jembatan tersebut umumnya dibangun dengan gaya arsitektur yang unik serta menarik sehingga mudah diingat oleh banyak orang. Berikut daftarnya.

1.SURAMADU
Jembatan Suramadu merupakan jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Madura. Diresmikan pada 2003, jembatan ini memiliki panjang 5,4 km. Nama Suramadu sendiri diambil dari muara jembatan tersebut yaitu Kota Surabaya dan Pulau Madura. Kontruksi Jembatan Suramadu didesain secara modern dengan sistem antikorosi pada fondasi tiang baja yang mampu menahan guncangan hingga 7 skala Richter. Dalam hasil jajak pendapat KORAN SINDO, jembatan ini menempati urutan pertama sebagai yang terpopuler.

2.AMPERA
Jembatan Kutai Kartanegara adalah jembatan yang melintas di atas sungai Mahakam, Kalimantan Timur dengan waktu pembangunan sekitar 6 tahun (1995-2001). Jembatan sepanjang 710 m ini merupakan sarana penghubung antara kota Tenggarong dengan kecamatan Tenggarong Seberang. Bentuk jembatan ini cukup unik. Banyak orang menyamakannya dengan Jembatan Golden Gate di San Fransisco, Amerika Serikat. Pada 2011, jembatan ini runtuh dan menimbulkan banyak korban jiwa.

3.KUTAI KARTANEGARA (MAHAKAM II)
Jembatan Kutai Kartanegara adalah jembatan yang melintas di atas sungai Mahakam, Kalimantan Timur dengan waktu pembangunan sekitar 6 tahun (1995-2001). Jembatan sepanjang 710 m ini merupakan sarana penghubung antara kota Tenggarong dengan kecamatan Tenggarong Seberang. Bentuk jembatan ini cukup unik. Banyak orang menyamakannya dengan Jembatan Golden Gate di San Fransisco, Amerika Serikat. Pada 2011, jembatan ini runtuh dan menimbulkan banyak korban jiwa.

4.BARITO
Jembatan ini merupakan salah satu ikon kota Banjarmasin. Dengan panjang 1.082 m, jembatan ini menghubungan dua provinsi, yakni Kalimantan Tengah dan juga Selatan. Jembatan Barito juga dikenal dengan nama lain yakni Jembatan Pulau Bakut. Pasalnya, jembatan ini melintasi sebuah pulau kecil yang berada di antara sungai Barito yaitu Pulau Bakut. Sama seperti jembatan besar lainnya, Jembatan Barito juga sering dijadikan tempat wisata.

5.SIAK
Riau selalu identik dengan keberadaan sungai Siak. Untuk memperlancar mobilitas, maka dibangunlah beberapa jembatan melintasi sungai ini. Salah satunya adalah Jembatan Siak 1 atau jembatan Leighton. Selain itu ada pula jembatan Siak Sriindrapura serta jembatan Siak III. Setiap harinya aktivitas di kawasan jembatan tersebut sangat hiruk pikuk. Siang hari, jembatan-jembatan tersebut ini menjadi sarana perpindahan masyarakat. Sedangkan senja hari, jembatan tersebut beralih fungsi sebagai area wisata.

6.BARELANG
Jembatan Barelang dibangun pada tahun 1992 dan selesai tahun 1998. Pembangunannya diprakarsai oleh B.J Habibie sewaktu menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi. Jembatan Barelang yang terdiri dari 6 rangkaian jembatan ini diambil dari nama pulau-pulau yang terhubung jembatan tersebut yaitu Batam, Rempang, dan Galang. Sebagai salah satu ikon kota Batam, Jembatan Barelang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berwisata.

7.MAHAKAM
Jembatan Mahakam merupakan jembatan yang membelah Sungai Mahakam yang dibangun pada 1987. Jembatan ini bukan sekedar sebagai sarana penghubung, tetapi juga sebagai daya tarik wisata dari kota Samarinda. Dalam perkembangannya, pemerintah kota Samarinda kemudian melakukan pembangunan jembatan baru sebagai alternatif transportasi darat lainnya. Di antaranya adalah jembatan Mahakam 2 serta Mahakam Hulu.

8.PASUPATI
Jembatan Pasupati yang dikenal juga dengan nama Jalan Layang Pasupati merupakan jembatan yang menghubungkan bagian utara dan timur kota Bandung yang memiliki panjang 2,8 km. Jembatan ini memang terlihat unik karena menikung dan hanya ditopang oleh satu fondasi dengan tiang-tiang kabel dengan warna dominan merah dan putih. Yang menarik di kolong ikon kota Bandung ini terdapat taman- taman tematik yang biasa digunakan warga sekitar untuk berekreasi, diantaranya adalah taman jomblo, taman film dan taman skateboard.

9.KAHAYAN
Jembatan Kahayan merupakan salah-satu landmark kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah yang berdiri di atas Sungai Kahayan. Dari atas jembatan yang dibangun pada 1995 ini, pengunjung bisa melihat aktivitas di sungai Kahayan. Malam hari, Jembatan ini memancarkan pesona tersendiri karena warna warni lampu yang tersebar di sepanjang jembatan. Tak heran kalau tempat ini pada akhirnya banyak dimanfaatkan warga untuk berwisata.

10.RUMPIANG
Selain jembatan Barito, Jembatan Rumpiang yang terletak di Kota Banjarmasin juga berdiri kokoh di atas Sungai Barito. Jembatan ini difungsikan sebagai penghubung kota Banjarmasin dengan Kota Marabahan. Dengan panjang yang mencapai 753 m, Jembatan Rumpiang menjadi salah-satu jembatan terpanjang di Pulau Kalimantan. Disaat akhir pekan, Jembatan Rumpiang akan dibanjiri masyarakat untuk sekedar menikmati pemandangan Sungai Barito sambil ditemani oleh kulier yang dijajakan oleh pedagang setempat.

Serba Serbi Jembatan di Indonesia
  • Jumlah jembatan di seluruh Indonesia mencapai 88 ribu buah atau ekivalen sepanjang 1.000 km
  • Dari jumlah tersebut 30 ribu di antaranya berstatus sebagai jembatan nasional dan jembatan provinsi dengan ekivalen sepanjang 500 km.
  • Jumlah jembatan Indonesia masih sedikit bila dibandingkan dengan Amerika Serikat yang memiliki 600 ribu jembatan
  • Pembangunan jembatan di Indonesia banyak dimulai pada era 1970-an
  • Teknologi rangka baja kalender Hamiliton dan teknologi beton menjadi teknologi yang dikembangkan pada pembangunan jembatan era 70-an
  • Secara garis besar ada dua teknologi pembangunan jembatan saat ini yaitu Kabel Baja (Strand) dan teknologi deck yang menggunakan komposit atau baja ringan
  • Teknologi kabel baja dibedakan menjadi dua yaitu cable stayed (cancang) dan cable suspension.
  • Teknik cable stayed antara lain digunakan pada jembatan Pasupati di Bandung, dan Suramadu di Jawa Timur
  • Cable suspension antara lain pada jembatan Mahakam II dan jembatan Barito di Kalimantan
  • Ada juga teknik hybrid yang merupakan gabungan dari cable stayed dan cable suspension diperuntukkan untuk menghubungkan antarsungai, antarpulau, dan antarteluk
10 Jembatan Terpanjang di Dunia

  1. Danyang-Kunshan Grand Bridge: Danyang-Kunshan Grand Bridge Merupakan jembatan terpanjang di dunia yaitu sepanjang 164,8 km (102,4 mil).Jembatan ini terletak di jalur rel antara Shanghai dan Nanjing di Provinsi Jiangsu China Timur melintasi sungai Yangtze. Danyang-Kunshan Grand Bridge saat ini memegang Guinness World Record untuk jembatan terpanjang di dunia.Danyang-Kunshan Grand Bridge selesai dibangun pada tahun 2010 dan dibuka pada tahun 2011. Mempekerjakan 10.000 orang, konstruksi memakan waktu empat tahun dan biaya sekitar USD 8.5 miliar.Tianjin Grand Bridge
  2. Tianjin Grand Bridge : adalah salah satu jembatan terpanjang di dunia dengan panjang total sekitar 113.700 m, atau 113,7 km (70,6 mil). Guinness World Records mencatatnya sebagai jembatan terpanjang kedua di dunia. Tianjin Grand Bridge adalah jembatan kereta api, jembatan yang membentang antara Langfang dan Qingxian, bagian dari Beijing-Shanghai yang dilalui oleh kreta api berkecepatan tinggi . Tianjin Grand Bridge selesai dibangun pada tahun 2010 dan dibuka pada tahun 2011.
  3. Weinan Weihe Grand Bridge: Weinan Weihe Grand Bridge pemiliki panjang 79.732 meter (261.588 kaki) (49,5 mil) melintasi Sungai Wei dua kali, serta banyak sungai lainnya. Weinan Weihe Grand Bridge merupakan jembatan rel kereta api yang menghubungkan Zhengzhou dan Xi'an, di China. Jembatan ini selesai dibangun pada tahun 2008 tapi jalur kereta api baru difungsikan pada 6 Februari 2010.
  4. Bang Na Expressway: The Bang Na Expressway, secara resmi Burapha dal Expressway memiliki panjang 55 km. merupakan jalan tol dan berjalan di atas Jalan Raya Nasional dengan rute 34, (Bang Na-Bang Pakong Highway) yang dimiliki oleh Expressway Authority of Thailand (exat).
  5. Beijing Grand Bridge:Beijing Grand Bridge merupakan salah satu jembatan terpanjang di dunia. memiliki panjang 48,153 km (29,921 mil). Beijing Grand Bridge merupakan jembatan kereta api berkecepatan tinggi yang menghubungkan Beijing -Shanghai.Selesai dibangun pada tahun 2010 dan dibuka pada 2011
  6. Lake Pontchartrain Causeway: The Lake Pontchartrain Causeway, kadang-kadang hanya dipanggil Causeway, adalah jalan lintas yang terdiri dari dua jembatan paralel melintasi Danau Pontchartrain di selatan Louisiana, Amerika Serikat. Sejak tahun 1969, telah terdaftar di Guinness World Records sebagai jembatan terpanjang di atas air di dunia. memiliki panjang 38.442 km, Jembatan ini disangga sebanyak 9.500 tiang beton.
  7. Manchac Swamp bridge: Manchac Swamp bridge adalah jembatan jembatan beton kembar di negara bagian Louisiana (AS ). Dengan panjang total 22,80 mil (36,69 km) Merupakan salah satu jembatan terpanjang di dunia atas air.
  8. Yangcun Bridge: Yangcun Bridge adalah salah satu jembatan terpanjang di dunia. Jembatan ini merupakan jembatan kereta api berkecepatan tinggi yang melintasi Tianjin dengan Beijing. Dengan panjang total 35.812 meter jembatan ini selesai dibangun pada tahun 2007
  9. Hangzhou Bay Bridge:Hangzhou Bay Bridge adalah sebuah jembatan jalan raya yang terletak di seberang Teluk Hangzhou di wilayah pantai timur China. Jembatan ini menghubungkan kota Jiaxing dan Ningbo di Provinsi Zhejiang Cina. Pembangunan jembatan selesai pada tanggal 14 Juni 2007, dan upacara pembukaan diadakan pada tanggal 26 Juni 2007. Setelah periode pengujian dan evaluasi yang cukup Jembatan ini baru dibuka untuk umum pada 1 Mei 2008.
  10. Runyang Bridge: Runyang Bridge adalah kompleks jembatan besar yang melintasi Sungai Yangtze di Provinsi Jiangsu, Cina hilir Nanjing. Kompleks ini terdiri dari dua jembatan utama yang menghubungkan Zhenjiang di tepi selatan sungai dan Yangzhoudi utara. Jembatan ini merupakan bagian dari Beijing-Shanghai Expressway. Pembangunan kompleks jembatan dimulai pada Oktober 2000 dan selesai lebih cepat dari jadwal. Jembatan memakan biaya 5,8 miliar Yuan (sekitar USD 700 juta). Kompleks dibuka untuk lalu lintas pada tanggal 30 April 2005. Panjang total kompleks jembatan adalah sekitar 35,66 km (22,16 mil)
Litbang Koran SINDO
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6398 seconds (0.1#10.140)