Riset Biomassa Hasilkan Energi Alternatif

Minggu, 14 Desember 2014 - 11:57 WIB
Riset Biomassa Hasilkan Energi Alternatif
Riset Biomassa Hasilkan Energi Alternatif
A A A
JAKARTA - Keterbatasan sumber energi fosil mendorong banyak kalangan terus mencari sumber-sumber energi terbarukan. Salah satunya dilakukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerja sama dengan Universitas Kobe Jepang yang melakukan riset pemanfaat biomassa selulosa untuk menciptakan bahan bakar alternatif seperti biofules dan biochemical.

Kepala LIPI Iskandar Zulkarnain menekankan, selain terbarukan, energi alternatif juga ramah lingkungan. “Ini bisa dilakukan dengan pemanfaatan biorefinery atau biomassa,” katanya. Biorefinery adalah produksi ulang dari produk berbasis bio (makanan, pakan, material, dan kimia) dan energi (bahan bakar, energi, dan panas) dari biomassa.

Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI Bambang Sunarko menambahkan, bahan utama biomassa melimpah pada limbah pertanian di Indonesia. “Pemanfaatan biomassa sebagai energi alternatif tergolong baik karena tidak mengancam bahan konsumsi pangan masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, pengembangan biomassa juga diyakini berprospek cerah. Penelitian ini didukung Japan Science and Technology (JST) dan Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk melaksanakan program Science and Technology Research Partnership for Sustainable Development (SATREP).

Dina Angelina
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6346 seconds (0.1#10.140)