Tumbuhkan Semangat Nasionalisme Melalui Karya Seni

Rabu, 10 Desember 2014 - 13:55 WIB
Tumbuhkan Semangat Nasionalisme Melalui Karya Seni
Tumbuhkan Semangat Nasionalisme Melalui Karya Seni
A A A
JAKARTA - Tumbuhkan semangat nasionalisme bisa dilakukan melalui berbagai cara. Salah satunya, dengan menampilkan karya seni lukis.

Dalam sebuah karya seni lukis karya I Gusti Mangu Putra digambarkan tiga orang siswa sedang mengibarkan Bendera Merah Putih. Pada bagian bawah lukisan itu tertulis harapan ketiga siswa tersebut saat kemerdekaan Indonesia.

"Pertama nama kita enggak ada bahasa Inggrisnya sama sekali (Galeri Apik). Kita ingin begitu orang masuk ke dalam galeri ini, nasionalismenya terbentuk," ujar pemilik Galeri Apik Jakarta, Rahmat, di Plaza Radio Dalam 3A, Jakarta Selatan, Selasa, 9 Desember 2014.

Pada kesempatan itu dia menyampaikan harapannya agar kepercayaan diri para seniman di Indonesia semakin meningkat, termasuk tingkat kesejahteraannya.

Dia menambahkan, jika biasanya sebuah pameran menampilkan karya seni lukis atau patung, kali ini digelar pameran yang memadukan antara karya seni lukis dan koleksi miniatur otomotif.

"Ini pertama kalinya di Indonesia, unik dan baru buat para kolektor seni dan kolektor miniatur otomotif sekaligus dalam satu event," terangnya.

Dalam pameran karya seni lukis itu, Rahmat juga menampilkan sejumlah koleksi lawas seniman terkenal milik Affandi, Heri Dono, I Gusti Agung Mangu Putra dan sejumlah seniman besar lainnya.

Sementara, koleksi miniatur otomotif, ada ratusan die cast yang ditampilkan dengan ditata sedemikian rupa sehingga menyatu dengan karya seni lukis.

Pada kesempatan itu dia juga menegaskan, tidak takut untuk membandingkan karya seni lukis yang harganya selangit dengan die cast yang sejauh ini belum memiliki standar harga.

"Karya seni lukis atau patung itu kan sebenarnya seperti berharga tinggi, karena masuk balai lelang. Sedangkan kolektur miniatur tidak melakukan lelang seperti karya seni lain, ya lelang kecil-kecilan saja," tegasnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3641 seconds (0.1#10.140)