Pengamat: Konflik Golkar Agenda Melemahkan KMP

Selasa, 09 Desember 2014 - 07:05 WIB
Pengamat: Konflik Golkar Agenda Melemahkan KMP
Pengamat: Konflik Golkar Agenda Melemahkan KMP
A A A
JAKARTA - Konflik internal yang membuat Partai Golkar terbelah menjadi dua kubu dinilai sebagai salah satu upaya melemahkan Koalisi Merah Putih (KMP). Tujuannya agar KMP tak lagi solid sebagai kekuatan penyeimbang di parlemen.

"Agenda melemahkan KMP itu sudah jelas," ujar Pengamat Politik dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung Idil Akbar ketika dihubungi Sindonews, Selasa (9/12/2014).

Menurutnya, jika KMP lemah dengan berkurangnya dukungan di parlemen maupun tidak satu suara lagi tentu akan memberi keuntungan bagi pemerintah. Begitu juga dengan koalisi pendukung pemerintahan Joko Widodo bisa sedikit santai bekerja di parlemen.

"Koalisi Indonesia Hebat (KIH) dalam mendeterminasi jalannya pemerintahan tanpa khawatir direcoki secara ketat oleh parlemen dan KMP," jelasnya.

Karena itu, tambah dia, melemahkan KMP harus dengan melemahkan parpol-parpol pendukungnya lebih dulu agar tidak satu suara lagi. "Setelah PPP, lalu Golkar, mungkin nanti adalah Demokrat. Tinggal menunggu saja bandulnya ini akan mengarah ke mana," pungkas peneliti di Nusantara Institute ini.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6269 seconds (0.1#10.140)