Menjawab Keraguan Publik, Prasetyo Siap Beri Pembuktian

Senin, 24 November 2014 - 23:55 WIB
Menjawab Keraguan Publik,...
Menjawab Keraguan Publik, Prasetyo Siap Beri Pembuktian
A A A
JAKARTA - Jaksa Agung HM Prasetyo angkat bicara terkait tudingan sejumlah kalangan yang menyebutkan dirinya tidak memiliki prestasi menonjol saat menjabat Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum) Kejaksaan Agung.

Atas tudingan miring itu, Prasetyo mengatakan, wajar saja dirinya tidak punya prestasi menangani korupsi. Pasalnya, selama ini dirinya bertugas di wilayah yang tidak secara khusus menangani tindak pidana korupsi.

Perkara korupsi, papar dia, merupakan wewenang Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus). "Mengukur saya di Pidum, karena saya tidak menangani korupsi. Dulu yang tangani (korupsi) itu gedung bundar (Jampidsus), saya tidak bisa," kata Prasetyo di Kejaksaan Agung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (24/11/2014).

Namun, Prasetyo mengungkapkan, saat menjadi Jampidum maupun Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) dirinya juga telah menangani beberapa kasus besar.

Ia bertutur, saat menjadi Kejati, ia pernah menangani sejumlah kasus yang berkaitan dengan pejabat. Bahkan, kasus seperti pembunuhan aktivis Munir, Bom Bali, ekstasi di Cikupa, serta kasus ratu mariyuana Schapelle Leigh Corby. "Itu siapa yang menangani?" kata Prasetyo.

Prasetyo pun menyampaikan dirinya ingin meladeni jika memang diminta membuktikan kiprahnya dalam memberantas korupsi. Setelah ditunjuk menjadi Jaksa Agung oleh Presiden Joko Widodo, kini dirinya memegang seluruh kendali atas penyelesaian perkara hukum.

Dirinya pun tinggal memerintahkan seluruh Jaksa Agung Muda untuk melakukan pengusutan sebuah perkara. "Sekarang saya hanya mengarahkan," kata Prasetyo sambil tersenyum.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5144 seconds (0.1#10.140)