Dwikorita Rektor Baru UGM

Minggu, 23 November 2014 - 11:22 WIB
Dwikorita Rektor Baru UGM
Dwikorita Rektor Baru UGM
A A A
YOGYAKARTA - Kursi kosong yang ditinggalkan Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Universitas Gadjah Mada (UGM) akhirnya terisi. Kemarin Majelis Wali Amanat (MWA) UGM menetapkan Dwikorita Karnawati sebagai rektor.

Guru besar fakultas Teknik Geologi itu menjadi pemimpin perempuan pertama dalam sejarah universitas tersebut. ”Setelah 65 tahun baru kali ini kami punya rektor perempuan,” kata Ketua MWA UGM Sofian Effendi di Yogyakarta kemarin. Sofian menuturkan, Dwikorita akan menjabat sebagai rektor pengganti hingga 2017 mendatang.

Dia menjelaskan, proses pemilihan Dwikorita berlangsung melalui musyawarah mufakat. Semua anggota MWA yang hadir dalam sidang pleno penetapan rektor antarwaktu setuju memilih perempuan yang sebelumnya menjabat wakil rektor bidang kerja sama dan alumni tersebut.

”Tidak ada perdebatan berarti, selesai dengan mufakat,” tuturnya. Menurut mantan rektor UGM ini, sebelum sidang pleno, MWA telah memanggil lima wakil rektor. Dari lima orang tersebut, dua di antaranya yakni Budi Santoso Wignyosukarto (wakil rektor bidang SDM dan aset) dan Suratman (wakil rektor bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat) dipastikan tidak memenuhi persyaratan sesuai statuta karena berusia lebih dari 60 tahun.

Dwikorita Karnawati meraih gelar S-1 dari UGM. Adapun gelar S-2 dan S-3 diperolehnya di Leeds University, Inggris. Pakar kerentanan tanah itu pernah memperoleh beberapa penghargaan seperti The Young Academic Award, World Bank (1997) dan Leverhulme Professorship Award.

Di internal kampus, dia juga pernah diganjar penghargaan sebagai kepala program studi (kaprodi) berprestasi. Namanya populer saat ditunjuk menjadi moderator debat capres-cawapres 2014. Sekretaris MWA Ahmad Rifai mengatakan, pelantikan rektor baru direncanakan Senin, besok.

Selanjutnya, rektor bersama semua wakil rektor akan menentukan pengganti Dwikorita. ”Sebagai masukan, MWA berkeinginan ada alumni di posisi wakil rektor,” ujarnya.

Ratih keswara
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3763 seconds (0.1#10.140)