Dukung Ical, Fadel Batal Jadi Calon Ketua Umum

Selasa, 18 November 2014 - 13:52 WIB
Dukung Ical, Fadel Batal...
Dukung Ical, Fadel Batal Jadi Calon Ketua Umum
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Fadel Muhammad mengaku tidak akan maju sebagai calon ketua umum pada Musyawarah Nasional (Munas) Golkar Januari 2015.

Dia beralasan akan memberikan dukungannya kepada Aburizal Bakrie (Ical) setelah mendapatkan dukungan dari mayoritas DPD I dan DPD Golkar seluruh Indonesia. ”Saya kan dari awal mendukungnya (mendukung Ical). Kalau Pak Aburizal mau maju lagi, saya mendukung. Mengalah untuk menang,” kata Fadel di Gedung DPR, Jakarta, kemarin.

Menurut Fadel, dengan majunya Ical di Munas Golkar, proses demokrasi di internal partai akan berlangsung dinamis. Dia menampik kembali majunya Ical menjadi polemik karena Golkar memang sudah terbiasa dengan demokratisasi di internal sehingga siapa pun punya kesempatan sama untuk maju. Fadel bahkan mengklaim jika pun maju punya basis dukungan nyata.

Setidaknya ada 11 DPD I yang akan mendukung jika dirinya maju. Namun, dia menilai Ical masih layak melanjutkan kepemimpinannya di Golkar. ”Pak Aburizal itu layak melanjutkan kepemimpinannya,” ujarnya. Sejauh ini kader Golkar yang sudah menyatakan akan maju di Munas 2015 adalah Priyo Budi Santoso, Hajriyanto Y Thohari, Agung Laksono, MS Hidayat, Agus Gumiwang Kartasasmita, Airlangga Hartarto, dan Agun Gunanjar.

Mereka pun siap bersaing dengan Ical jika memang pada munas nanti akan maju lagi. Sementara itu, Sekjen DPP Partai Golkar Idrus Marham mengatakan, meski belum ada jawaban tegas dari Ical apakah akan maju lagi atau tidak, dukungan dari para pemilik suara pasti akan dipertanggungjawabkan Ical.

”Justru kalau ARB tidak maju, berarti tidak bertanggung jawab,” kata Idrus. Idrus memastikan bahwa tidak ada larangan bagi Ical untuk maju lagi karena AD/ART partai memang memungkinkan. Dalam sejarah Partai Golkar sudah ada nama Amir Pranoto dan Akbar Tanjung yang terpilih dalam dua periode.

Rahmat sahid
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2071 seconds (0.1#10.140)