Malang Raya Ditarget Jadi Destinasi Wisata

Selasa, 18 November 2014 - 13:36 WIB
Malang Raya Ditarget Jadi Destinasi Wisata
Malang Raya Ditarget Jadi Destinasi Wisata
A A A
MALANG - Kabupaten Malang diproyeksikan menjadi destinasi wisata pada 2015. Target itu dilatari animo kunjungan wisatawan baik mancanegara maupun domestik yang semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Malang Made Arya Wedanthara mengatakan, pengembangan potensi objek wisata di daerah ini dalam rangka mewujudkan Malang Raya sebagai salah satu tujuan wisata. “Kami telah membangun kerja sama dengan Kota Madya Malang dan Kota Madya Batu untuk mengoptimalkan potensi objek wisata yang memiliki di daerah masing-masing,” kata Arya kemarin.

Tiga daerah ini punya karakteristik potensi wisata yang layak dikembangkan. Misalnya Batu terkenal dengan Taman Selecta, Air Terjun Coban Rondo, sedangkan di Kabupaten Malang beken dengan objek wisata Sengkaling, Pantai Goa China, serta wisata pegunungan.

Sementara Kota Madya Malang konsentrasi pada peningkatan pembenahan infrastruktur dengan menyediakan sarana dan prasarana yang mempermudah kunjungan wisatawan. Meski geliat alamnya menjadi daya tarik tersendiri, hal ini bukan alasan untuk fokus di wisata alam saja.

“Kami juga akan mengemas wisata alam dengan atraksi budaya. Jadi, tidak semata pada aspek fisik,” katanya. Mengenai persiapan menyambut tahun kunjungan wisata di Malang Raya, dia mematok target wisman yang diperkirakan mencapai 35.000 orang, sementara domestik diperkirakan mencapai 3 juta orang pada 2015 nanti.

Sementara itu, Kepala Seksi Promosi dan Pemasaran Dinas Pariwisata Kota Madya Malang Budi Heriyanto mengaku potensi wisata itu hanya dimiliki dua daerah lainnya, yaitu Kabupaten Malang dengan keindahan pantai dan gunungnya, sementara Batu terkenal dengan wisata alam buatan dan atraksi budaya.

Karena itu, dibutuhkan kolaborasi untuk menyinergikan potensi yang dimiliki. “Kota Malang menjadi pintu masuk serta menyediakan fasilitas lainnya,” ujarnya. Fasilitas itu berupa hotel dan tempat hiburan malam maupun sarana dan prasarana lainnya.

Yosef naiobe
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9653 seconds (0.1#10.140)