Kejaksaan Sita Harta Gayus Tambunan

Selasa, 18 November 2014 - 13:31 WIB
Kejaksaan Sita Harta Gayus Tambunan
Kejaksaan Sita Harta Gayus Tambunan
A A A
JAKARTA - Tim Eksekutor dari kejaksaan yang didampingi Pusat Pemulihan Aset (PPA) akhirnya menyita harta terpidana korupsi pajak Gayus Halomoan Partahanan Tambunan. Harta mantan pegawai Dirjen Pajak yang disita itu antara lain berupa uang senilai USD 659.800 dan 9.980.034 dolar Singapura serta Rp201.089.000.

Selain itu juga disita 31 keping logam mulia dengan masing-masing seberat 100 gram. Dalam keterangan pers PPA, Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat Datas Ginting didampingi Kepala PPA Kejaksaan Agung langsung memimpin proses eksekusi tersebut. Datas mengatakan, kejaksaan belum mengeksekusi semua harta Gayus Tambunan karena masih dalam proses administratif.

”Kami baru melakukan eksekusi dan verifikasi sebagian atau belum mencapai 50%. Harta Gayus yang lainnya masih kami proses dan dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi kami tuntaskan. Kami juga hanya mengeksekusi harta-harta Gayus sebagaimana perintah putusan hakim MA,” ungkap Datas di Jakarta kemarin.

Kepala PPA Kejagung Chuck Suryosumpeno menambahkan, masyarakat tidak perlu cemas dengan harta Gayus lain yang belum dieksekusi. Jaksa eksekutor yang dibantu PPA telah melakukan pengamanan dan pembekuan atas aset-aset yang belum dieksekusi tersebut.

”Kami pastikan aman. PPA punya sejumlah program dalam pemulihan aset antara lain penelusuran atau pelacakan aset, pengamanan aset, pemeliharaan aset, perampasan aset, dan pengembalian aset atau repatriasi. Dari tahap-tahap tersebut, sejumlah tahap kami terapkan untuk proses eksekusi harta Gayus Tambunan,” ungkap Chuck.

Dia mengatakan, PPA diminta oleh Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat selaku eksekutor untuk melakukan pendampingan dalam proses penyelesaian barang rampasan perkara terpidana Gayus Tambunan sebagaimana ketentuan Perja 027/A/JA/10/2014 yang mengedepankan efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Widyo Pramono juga memastikan eksekusi harta Gayus Tambunan dilakukan dengan cepat, tepat, profesional, transparan, dan akuntabel.

Dita angga
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5565 seconds (0.1#10.140)